IMPLEMENTASI METODE FINITE STATE MACHINE (FSM) PADA GAME ADVENTURE 3D “JAKA TINGKIR : PENDEKAR PAJANG”

Bantan Auliah Amartha Putra, Ibnu (2025) IMPLEMENTASI METODE FINITE STATE MACHINE (FSM) PADA GAME ADVENTURE 3D “JAKA TINGKIR : PENDEKAR PAJANG”. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (812kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (198kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (123kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Game berbasis budaya memiliki potensi besar sebagai media edukasi interaktif. Penelitian ini mengembangkan game adventure 3D berjudul "Jaka Tingkir: Pendekar Pajang", yang mengangkat cerita sejarah lokal dan menerapkan metode Finite State Machine (FSM) untuk mengatur perilaku musuh (NPC). FSM digunakan untuk mengatur transisi antar state seperti Idle, Patrol, Chase, Attack, dan Dead, sehingga menciptakan interaksi musuh yang dinamis dan realistis. Pengujian menunjukkan bahwa implementasi FSM dan kontrol dalam game berjalan sesuai fungsinya. Selain itu, tampilan visual, struktur menu, serta elemen cerita mendukung tujuan edukatif game ini. Dengan menggabungkan elemen sejarah, teknologi 3D, dan kecerdasan buatan, game ini mampu menyajikan pengalaman bermain yang menarik sekaligus mengenalkan nilai budaya kepada generasi muda..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ibnu Bantan Auliah Amartha Putra (2118045)
Uncontrolled Keywords: FSM, 3D, Adventure, Game,
Subjects: Engineering > Computer Enginering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: IBNU BANTAN AULIAH AMARTHA PUTRA
Date Deposited: 18 Sep 2025 06:41
Last Modified: 18 Sep 2025 06:41
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15119

Actions (login required)

View Item View Item