Bantan Auliah Amartha Putra, Ibnu (2025) IMPLEMENTASI METODE FINITE STATE MACHINE (FSM) PADA GAME ADVENTURE 3D “JAKA TINGKIR : PENDEKAR PAJANG”. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (812kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (198kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (228kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (725kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (684kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (190kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (123kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Game berbasis budaya memiliki potensi besar sebagai media edukasi interaktif. Penelitian ini mengembangkan game adventure 3D berjudul "Jaka Tingkir: Pendekar Pajang", yang mengangkat cerita sejarah lokal dan menerapkan metode Finite State Machine (FSM) untuk mengatur perilaku musuh (NPC). FSM digunakan untuk mengatur transisi antar state seperti Idle, Patrol, Chase, Attack, dan Dead, sehingga menciptakan interaksi musuh yang dinamis dan realistis. Pengujian menunjukkan bahwa implementasi FSM dan kontrol dalam game berjalan sesuai fungsinya. Selain itu, tampilan visual, struktur menu, serta elemen cerita mendukung tujuan edukatif game ini. Dengan menggabungkan elemen sejarah, teknologi 3D, dan kecerdasan buatan, game ini mampu menyajikan pengalaman bermain yang menarik sekaligus mengenalkan nilai budaya kepada generasi muda..
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Ibnu Bantan Auliah Amartha Putra (2118045) |
Uncontrolled Keywords: | FSM, 3D, Adventure, Game, |
Subjects: | Engineering > Computer Enginering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi) |
Depositing User: | IBNU BANTAN AULIAH AMARTHA PUTRA |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 06:41 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 06:41 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15119 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |