Evaluasi Kinerja Simpang Tiga Bersinyal Pada Simpang Krebet Kec. Bululawang, Kab. Malang Menggunakan metode PKJI 2023 dan Software VISSIM

Natonis, Jullio Karel Tse (2024) Evaluasi Kinerja Simpang Tiga Bersinyal Pada Simpang Krebet Kec. Bululawang, Kab. Malang Menggunakan metode PKJI 2023 dan Software VISSIM. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
Bagian Awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (263kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (15kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (73kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Malang merupakan salah satu kabupaten besar yang ada di provinsi Jawa Timur yang berkembang dalam kawasan industri dan memiliki pertumbuhan tingkat penduduk yang semakin luas, sehingga mengakibatkan bangkitan dan tarikan pergerakan menuju Kabupaten Malang semakin tinggi sehingga mempengaruhi aktivitas transportasi yang ditandai dengan jumlah kendaraan meningkat dengan pesat. Hal tersebut menyebabkan tingginya pergerakan lalu-lintas di persimpangan ini disebabkan oleh banyaknya antrian, kemacetan, tundaan serta besarnya volume kendaraan dan aktifitas di sekitar daerah persimpangan tersebut. Untuk meningkatkan pelayanan kinerja simpang perlu dilakukan dengan menganalisis kinerja simpang 3 Krebet Bululawang, dengan melakukan selama 3 hari survei pada weekend dan weekday yang berdasarkan pada metode PKJI 2014. Dari survei yang dilakukan akan dilakukan analisis dan juga pemodelan berdasrkan PKJI 2023 dan software Vissim, untuk melihat kinerja simpang yang ditinjau. Berdasarkan hasil analisis dan perhitungan pada simpang 3 Krebet Bululawang diperoleh tingkat pelayanan F (sangat buruk) dikarenakan tingginya arus lalu kintas serta banyaknya aktivitas kendaraan berat akibat perkembangan kawasan industri. Pada simpang ini memiliki nilai tundaan simpang rata-rata pada pengamatan di hari sabtu 22 juni 2024, memperoleh nilai 238 detik/SMP dan Dj 1,7. Oleh karena itu perlu dilakukan optimasi simpang dengan alternatif yang diberikan. Dan alternatif yang disarankan yaitu perubahan fase dan juga penambahan waktu sinyal pada simpang ini. Sehingga memperoleh nilai tundaan rata-rata 10,6detik/ SMP dan Dj 0,90 sehingga kinerja simpang dinyatakan memenuhi sesuai dengan PM no,96 tahun 2015 yang menjelaskan bahwa kinerja simpang bersinyal minimal memiliki nilai tundaan rata-rata simpang dibawah 25 detik/SMP. dari analisis dan optimasi yang diberikan kinerja simpang 3 Krebet Bululawang memperoleh nilai B pada kinerja simpang yang berarti telah memenuhi syarat dari PM 96. Tahun 2015.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Jullio Karel Tse Natonis ( 2021106 )
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Kabupaten Malang, Simpang, Simpang Bersinyal , PKJI,Vissim
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Jullio Karel Tse Natonis
Date Deposited: 29 Oct 2024 05:16
Last Modified: 29 Oct 2024 05:16
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15304

Actions (login required)

View Item View Item