Taranggua, Christian (2024) Evaluasi Kerusakan Jalan dan Penanganannya (Studi Kasus Jalan Dalam Kota Waingapu). Skripsi thesis, ITN MALANG.
Abstract
Kota Waingapu merupakan ibukota Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur dimana merupakan kota dengan jumlah penduduk terbanyak di Sumba Timur. Hal ini dapat dilihat pada data kependudukan dalam buku “Sumba Timur Dalam Angka 2023” menyebutkan pada tahun 2022 jumlah penduduk di Kota Waingapu sebanyak 36.000 jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk pertahun 2021 – 2022 sebesar 0,36 %, yang mengakibatkan kegiatan transportasi di kota Waingapu cukup besar. Ditemukan kerusakan pada 3 jalan yang dikaji, dimana kerusakan tersebut jika tidak segera ditangani dapat berakibat kerusakan menjadi lebih besar. Tujuan studi ini dilakukan untuk mengidentifikasi jenis kerusakan apa saja yang ada pada 3 jalan yang dikaji menggunakan metode IKP (Indeks Kondisi Perkerasan) dan SDI (Surface Distress Index) dan untuk menentukan jenis penanganan kerusakan jalan yang dikaji menggunakan metode IKP (Indeks Kondisi Perkerasan) dan SDI (Surface Distress Index). Hasil analisis pada Jl. Muara Karya terdapat Retak Buaya seluas 21,1 m2 , Retak Memanjang dan Melintang seluas 0,87 m2, Lubang seluas 10,45 m2, Tambalan seluas 1,85 m2. Pada Jl. Mayjen El Tari terdapat Retak Buaya seluas 2,6 m2, Retak Memanjang dan Melintang seluas 0,41m2, Retak Tepi Seluas 0,21 m2, Lubang seluas 40,19 m2, Tambalan Seluas 5,4 m2, Alur Seluas 0,35 m2, Pelepasan Butir/Permukaan seluas 6,9 m2. Pada Jl. Jenderal Soeharto terdapat Retak Buaya seluas 2,5 m2, Retak Memanjang dan Melintang Seluas 7,38 m2, Retak Tepi Seluas 5,58 m2, Retak Slip seluas 0,1 m2, Lubang seluas 4,25 m2, Tambalan seluas 0,5 m2, Alur seluas 1,82 m2, Pelepasan Butir seluas 50,06 m2. Berdasarkan analisis perhitungan menggunakan metode IKP dan SDI didapat pada Jl. Muara Karya nilai rata – rata IKP adalah 74 (Satisfactory) dan nilai rata – rata SDI adalah 22,7 (Baik). Pada Jl. Mayjen El Tari nilai rata – rata IKP adalah 65,8 (Fair) dan nilai rata – rata SDI adalah 25,7 (Baik). pada Jl. Jend. Soeharto nilai rata – rata IKP adalah 84,3 (Satisfactory) dan nilai rata – rata SDI adalah 26,6 (Baik). Jenis penanganan yang dilakukan pada Jl. Muara Karya dilakukan Pemeliharaan Rutin. Pada Jl. Mayjen El Tari dilakukan Pemeliharaan Rutin. Pada Jl. Jend. Soeharto dilakukan Pemeliharaan Berkala.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Christian Umbu Tiba Taranggua (1721187) |
Uncontrolled Keywords: | Kerusakan Jalan, Indeks Kondisi Perkerasan (IKP), Surface Distress Index (SDI) |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi) |
Depositing User: | Christian Umbu Tiba Taranggua |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 06:37 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 06:37 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15331 |
Actions (login required)
View Item |