Analisa Kerusakan Jalan Pada Ruas Jalan Pada Kabupaten Sumba Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur Menggunakan Aplikasi Provincial/Kabupaten Road Management System (Studi Kasus Pada Ruas Jalan Kalebu Jaga Manuawi - Pegarewa Ngedo

Lay, Bill Harold (2024) Analisa Kerusakan Jalan Pada Ruas Jalan Pada Kabupaten Sumba Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur Menggunakan Aplikasi Provincial/Kabupaten Road Management System (Studi Kasus Pada Ruas Jalan Kalebu Jaga Manuawi - Pegarewa Ngedo. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
Bab Awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (245kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text
Jurnal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (350kB)

Abstract

Data kerusakan jalan di Sumba Barat dianalisis menggunakan aplikasi PKRMS ( Provincial/Kabupaten Road Management System). Dari analisis ini, diperoleh informasi mengenai jenis kendaraan, tingkat keparahan, dan faktor penyebabnya. Presentase kondisi jalan dari total 22,7 km menunjukan 64% baik, 5% sedang, 5% rusak ringan dan 26% rusak berat. Dari keseluruhan hasil tersebut didapatkan 64,76% (14,7 km) jalan termasuk dalam kondisi mantap. Berdasarkan nilai TPI (Treatment Priority Index) dengan hasil analisis PKRMS didapatkan prioritas penanganan dilakukan dari nilai TPI tertinggi ke terendah. Dua metode utama digunakan untuk menilai kondisi kerusakan jalan, yaitu: Metode SDI (Surface Distress Index) digunakan untuk menilai kerusakan permukaan jalan, seperti retak dan pelepasan butiran serta metode IRI (International Roughness Index) digunakan untuk mengukur tingkat kekasaran jalan.Berdasarkan hasil dari Analisis SDI (Surface Distress Index) diketahui ruas jalan Pegarewa – Ngedo dari STA 0+000 sampai 1+1000 menunjukan kondisi baik dan penanganan yang dibutuhkan adalah pemeliharaan rutin. Sedangkan dari STA 1+1000 sampai 3+000 menunjukan kondisi Rusak Berat dan membutuhkan jenis penanganan Peningkatan / Rekonstruksi. Berdasarkan hasil IRI (International Roughness Index) dari STA 0+000 sampai 1+1000 menunjukan kondisi jalan mantap,sedangkan dari 1+000 sampai 3+000 dikategorikan dalam kondisi Jalan tidak mantap. Hasil analisis data lapangan dari aplikasi PKRMS digunakan untuk menentukan kebutuhan anggaran pemeliharaan jalan di Kabupaten Sumba Barat. Dari hasil analisis ini, diperoleh anggaran sebesar Rp. 18.925.197.500,- Kata Kunci : IRI, PKRMS (Provincial/Kabupaten Road Management System), PPP, SDI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Bill Harold Lay 1921140
Uncontrolled Keywords: IRI, PKRMS(PROVINCIAL/KABUPATEN ROAD MANAGEMENT SYSTEM), PPP, SDI
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Bill Harold Lay
Date Deposited: 17 Jan 2025 05:31
Last Modified: 17 Jan 2025 05:31
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15394

Actions (login required)

View Item View Item