rafiuddin, fajar izzat (2024) SEKOLAH INKLUSIF DISABILITAS SENI DAN BAKAT DI KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, ITN MALANG.
Text
2022053_COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
2022053_BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (399kB) |
|
Text
2022053_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (484kB) | Request a copy |
|
Text
2022053_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
2022053_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (152kB) | Request a copy |
|
Text
2022053_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
2022053_BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (520kB) | Request a copy |
|
Text
2022053_BAB VII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
2022053_DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (155kB) |
|
Text
2022053_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan inklusif merupakan suatu pendekatan pendidikan yang inovatif dan strategis untuk memperluas akses pendidikan bagi semua anak berkebutuhan khusus termasuk anak penyandang disabilitas. Pendidikan inklusi adalah bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menyatukan anak-anak berkebutuhan khusus dengan anak-anak normal pada umumnya untuk belajar. Proses perancangan melibatkan beberapa tahapan identifikasi aksesibilitas dengan menggunakan metode kerangka berbasis kenyamanan melalui konsep Based Framework. Salah satu inovasi yang diterapkan dalam perancangan ini adalah sekolah inklusif untuk disabilitas seni dan bakat, yang menggabungkan kenyamanan dalam aksesibilitas dengan kegiatan kesenian dan musik. Pendekatan ini tidak hanya memudahkan akses bagi semua siswa, tetapi juga bertujuan untuk merangsang kreativitas dan perkembangan kognitif anak-anak melalui aktivitas yang mendukung ekspresi seni dan musikalitas mereka. Dengan demikian, sekolah ini menciptakan lingkungan belajar yang holistik, di mana setiap anak dapat berkembang sesuai dengan potensi unik mereka. Hasil desain perancangan pada sekolah inklusif disabilitas seni dan bakat disesuaikan dengan kebutuhan siswa (aksesibilitas, material, fitur pendukung) dalam menunjang kenyamanan psikologis, Sehingga diharapkan dengan adanya desain perancangan sekolah inklusif ini akan membantu anak disabilitas untuk berkembang dan berkreativitas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Fajar Izzat Rafiuddin |
Uncontrolled Keywords: | Sekolah Inklusif Disabilitas, Pendekatan Biofilik, Concept-Based Framework |
Subjects: | Engineering > Architectural Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Arsitektur S1 > Teknik Arsitektur S1(Skripsi) |
Depositing User: | Fajar Izzat Rafiuddin |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 07:24 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 07:24 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15400 |
Actions (login required)
View Item |