ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PEMBANGUNAN GEDUNG PARKIR BERTINGKAT DI LINGKUNGAN SANTERRA DE LAPONTE

Isa, Mochamad (2025) ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PEMBANGUNAN GEDUNG PARKIR BERTINGKAT DI LINGKUNGAN SANTERRA DE LAPONTE. Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG.

[img] Text
Bagian Awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (18kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (137kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan gedung parkir di kawasan pariwisata memerlukan analisis komprehensif terkait kebutuhan parkir dan pola perilaku pengunjung untuk memastikan ketersediaan fasilitas yang memadai. Ketersediaan lahan parkir yang optimal menjadi faktor krusial dalam perencanaan infrastruktur perkotaan, terutama di kawasan dengan tingkat aktivitas tinggi seperti Santerra de Laponte. Penelitian ini membahas perancangan dan analisis investasi gedung parkir tiga lantai dengan luas lahan 4.225 m², yang mampu menampung 1.052 kendaraan ringan. Pola parkir dua sisi dengan sudut 90° diterapkan untuk meningkatkan kapasitas dan efisiensi sirkulasi kendaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume parkir tertinggi terjadi pada pukul 13.00–14.00 dengan 86 mobil dan 335 sepeda motor, serta rata rata durasi parkir masing-masing sebesar 1,904 jam dan 1,669 jam. Kapasitas maksimum gedung parkir mencapai 400 mobil per jam dengan kapasitas 118 kendaraan dan 1.502 sepeda motor per jam dengan kapasitas 871 kendaraan. Analisis investasi menunjukkan bahwa proyek ini layak untuk direalisasikan dengan nilai Net Present Value (NPV) sebesar Rp 2.345.577.338, Benefit Cost Ratio (BCR) 1,05, dan Internal Rate of Return (IRR) 13,32%, yang mengindikasikan keuntungan. Payback period selama 7 tahun masih dalam batas wajar. Hasil analisis sensitivitas menunjukkan bahwa skenario pendanaan 100% modal pribadi menghasilkan NPV terbesar, yaitu Rp 37.321.153.367,93, yang memberikan hasil finansial terbaik dengan risiko lebih rendah. Namun, sensitivitas terhadap suku bunga bank sebesar 9,63% menunjukkan bahwa perubahan biaya pembiayaan dapat berdampak signifikan terhadap kelayakan investasi proyek ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mochamad Anas Ataroqy Isa (2021097)
Uncontrolled Keywords: gedung parkir, analisis investasi, kapasitas parkir, sensitivitas finansial, kelayakan proyek.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1
Depositing User: Mochamad Anas Ataroqy Isa
Date Deposited: 07 May 2025 03:36
Last Modified: 07 May 2025 03:36
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15654

Actions (login required)

View Item View Item