EVALUASI KINERJA ANGKUTAN UMUM RUTE AL ( ARJOSARI – DINOYO) ADL ( ARJOSARI – DINOYO – LANDUNGSARI ) DI KOTA MALANG JAWA TIMUR

FIRDAUS, MOCH WILDHAN (2018) EVALUASI KINERJA ANGKUTAN UMUM RUTE AL ( ARJOSARI – DINOYO) ADL ( ARJOSARI – DINOYO – LANDUNGSARI ) DI KOTA MALANG JAWA TIMUR. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
Untitled(55).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

menuntut pergerakan manusia dan pergerakan barang dari suatu tempat ke tempat yang lain tepat pada waktunya, aman dan lancar, Transportasi adalah sarana yang tepat dalam memenuhi kebutuhan akan pergerakan tersebut, Didalam rangka peningkatan pelayanan angkutan umum dikota Malang kepada masyarakat, perlu diadakan evaluasi kinerja angkutan kota Malang demi terciptanya transportasi yang aman, nyaman, tertib dan teratur. Tujuan dari evaluasi kinerja angkutan umum & tarif angkutan kota Malang adalah: Untuk mengevaluasi sampai sejauh mana tingkat pelayanannya dan mengevaluasi tarif yang berlaku saat ini sesuai BOK. Penelitian ini dilakukan dengan dukungan dari beberapa data primer dan data sekunder. Data Sekunder meliputi: Peta trayek angkutan umum penumpang Kota Malang yang distudikan & Data Primer meliputi: Survey penumpang naik dan turun dengan mencatat dari dalam kendaraan yang dinaiki, jarak tempuh masing-masing angkutan, jumlah angkutan umum yang disurvey. Sedangkan indikator untuk kinerja masing-masing moda dinyatakan dalam besarnya Tingkat Pengisian (Load Factor), Kecepatan, Frekuensi, Waktu antara (Headway), dan Biaya Operasi Kendaraan. Dari hasil evaluasi pada angkutan yang disurvey, menunjukkan bahwa Faktor Muat (LF) untuk trayek AL waktu sibuk 33% dan tidak sibuk 25%, Untuk trayek ADL waktu sibuk 50% dan waktu tidak sibuk 16,67% dari kedua trayek tersebut belum memenuhi standart dari Dirjen Perhubungan Darat 2002 sebesar 70%, Waktu antara (Headway) belum sesuai yaitu untuk trayek AL sebesar 5 menit dan untuk trayek ADL sebesar 4,5 menit dari nilai Headway ideal 10-15 menit, Frekuensi belum memenuhi yang dimana untuk trayek AL sebesar 14 kendaraan/jam dan untuk trayek ADL sebesar 11 kendaraan/jam yang dimana untuk standartnya sebesar 4-6 kendaraan, Kecepatan perjalanan untuk rute angkutan umum AL telah memenuhi syarat ketetapan kecepatan yang dimana sebesar 21,3 km/jam dan untuk rute angkutan umum ADL tidak memenuhi syarat ketetapan kecepatan yang dimana sebesar 17,2 km/jam dan untuk syarat idealnya yaitu ≥ 20Km/Jam, Serta berdasarkan perjalanan yang dikeluarkan masyarakat Kota Malang berdasarkan perhitungan biaya operasional kendaraan belum sesuai dengan yang diaharaplan untuk trayek AL sebesar Rp. 64.000 dan untuk Trayek ADL sebesar Rp. 64.000 dan untuk tarif masing-masing trayek , Trayek AL sebesar Rp. 11.625 dan untuk trayek ADL Rp. 10.795. Kata Kunci : Load Factor, Headway, BOK (Biaya Operasonal Kendaraan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Load Factor, Headway, BOK (Biaya Operasonal Kendaraan).
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Susi Rahmania
Date Deposited: 14 Feb 2019 03:06
Last Modified: 13 Mar 2019 02:21
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/1729

Actions (login required)

View Item View Item