KAJIAN MODEL RISIKO PADA PROYEK PENAMBAHAN PIPA BAWAH LAUT DENGAN METODE DELPHI, FMECA, DAN CONTINUOUS IMPROVEMENT

septiawan, ardi (2017) KAJIAN MODEL RISIKO PADA PROYEK PENAMBAHAN PIPA BAWAH LAUT DENGAN METODE DELPHI, FMECA, DAN CONTINUOUS IMPROVEMENT. Masters thesis, ITN Malang.

[img] Text
2017 Tesis Pak Ardi (02022017).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pada dasarnya setiap proyek memiliki risiko tidak terkecuali proyek penambahan pipa bawah laut. Proyek penambahan pipa bawah laut di sekitar lokasi pelayaran memiliki sejumlah risiko yang tinggi. Risiko terbesar dalam proyek penambahan pipa bawah laut adalah pada tahap konstruksi dan tahap operasi. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah mendapatkan model mitigasi risiko pada proyek penambahan pipa bawah laut Sejadi. Pada penelitian ini pengelolaan risiko dilakukan dengan perbaikan berkelanjutan dengan menggunakan pendekatan metode Delphi, FMECA, DNV-RP-F107 dan Continuous Improvement (PDCA). Pada tahap awal dilakukan pengumpulan data melalui kuisioner dan data dari pelayaran Dinas Perhubungan Laut Balikpapan. Dengan menggunakan Metode Delphi, diperoleh sejumlah risiko yang berhasil diidentifikasi oleh expert judgement selanjutnya dikembangkan penilaian risiko dengan FMECA. FMECA dikembangkan untuk mendapatkan nilai besaran Risk Potential Number dan besarnya dampak dari risiko. Nilai RPN digunakan untuk memilah risiko menjadi risiko major, moderat, dan minor. Mitigasi risiko dikembangkan berdasarkan analisis Det Norske Veritas Recommended Practice F107. Tahapan berikutnya adalah monitoring evaluasi keberhasilan proyek penambahan pipa bawah laut. Penelitian ini diharapkan menghasilkan penurunan risiko secara signifikan, baik dari segi frekuensi likelihood dan impact-nya. Luaran penelitian yang ditargetkan adalah jurnal internasional bereputasi terindeks scopus. Dampak risiko yang dapat diantisisipasi berkurang dari $ 8.700.000 berkurang menjadi $ 24.750. Penurunan dampak risiko dalam angka persentase adalah 99% sehingga proyek tersebut dapat dilaksanakan. Kata Kunci: Risiko, DNV-RP-F107, Metode Delphi, FMECA, Continuous Improvement

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Risiko, DNV-RP-F107, Metode Delphi, FMECA, Continuous Improvement
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknik Industri S2 > Teknik Industri S2(Tesis)
Depositing User: haning haning
Date Deposited: 15 Jan 2019 01:36
Last Modified: 05 Mar 2019 06:59
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/192

Actions (login required)

View Item View Item