ALTERNATIF DESAIN BANGUNAN ATAS JEMBATAN TIPE CAMEL BACK TRUSS DENGAN MENGGUNAKAN METODE L.R.F.D. (STUDI KASUS JEMBATAN SENYIUR KEC. MUARA ANCALONG)

OKTAVIANI, WINDA NUR (2016) ALTERNATIF DESAIN BANGUNAN ATAS JEMBATAN TIPE CAMEL BACK TRUSS DENGAN MENGGUNAKAN METODE L.R.F.D. (STUDI KASUS JEMBATAN SENYIUR KEC. MUARA ANCALONG). Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
Untitled(100).pdf

Download (44MB)

Abstract

Jembatan adalah suatu konstruksi yang berguna untuk meneruskan jalan suatu rintangan yang berada lebih rendah seperti jalan lain (jalan air atau jalan lintas biasa). Pada perencanaan ulang Jembatan ini menggunakan alternatif pemilihan rangka baja. Pemilihan rangka baja ini karena kondisi lapangan di daerah Kec. Muara Ancalang. Seperti susahnya material beton yang bermutu karena daerah kalimantan tidak seperti daerah Jawa yang di kelilingi gunung berapi. Sehingga mengggunakan baja lebih efisien karena pelaksanaannya lebih mudah (perakitan baja jembatan dilapangan). Rangka baja adalah suatu konstruksi yang dibuat dari susunan batang-batang baja yang membentuk kumpulan segitiga, dimana setiap pertemuan beberapa batang disambung pada alat pertemuan/simpul dengan menggunakan alat penyambung (baut,paku keeling dan las lumer). Ada banyak tipe jembatan rangka yang dapat digunakan, salah satunya adalah tipe Camel Back Truss. Adapun tujuan dari Skripsi ini adalah untuk merencanakan struktur bangunan atas Jembatan Rangka Baja Tipe Camel Back Truss dengan menggunakan profil baja WF. Struktur bangunan atas Jembatan Rangka Baja terdiri atas beberapa dari lantai kendaraan dan trotoar, gelagar memanjang, gelagar melintang, gelagar induk, ikatan angin, sambungan dan perletakan. Dalam hal ini perencanaan menggunakan metode Load and Resistance Factor Design (LRFD) RSNI T 02-2005 untuk peraturan pembebanannya. Hasil yang diperoleh dari perencanaan ulang, pada perencanaan plat lantai kendaraan mneggunakan tebal plat beton 250 mm, dipakai tulangan pokok D13-250 mm, dan dipakai tulangan bagi D 13 – 250 mm. Pada perencanaan gelagar memanjang dipakai profil WF 350 X 150 X 5,5 X 8. Pada perencanaan gelagar melintang dipakai profil WF 500 X 300 X 11 X 18. Pada perencanaan gelagar melintang atas tengah dipakai profil WF 200 X 200 X 8 X 12. Pada perencanaan gelagar melintang atas tepi dipakai profil WF 200 X 200 X 8 X 12. Pada perencanaan gelagar induk dipakai profil WF 400X 400 X 20 X 35. Pada perencanaan ikatan angina dipakai profil LD 120.120.8. Pada sambungan menggunakan menggunakan tebal plat simpul 4 cm dan diameter 7/8”. Pada perhitungan perletakan didapatka panjang (l) 80 cm dan lebar (b) 50 cm. Kata Kunci : Jembatan, Jembatan Rangka Baja,Jembatan Rangka Tipe Camel Back Truss, Struktur Bangunan Atas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Jembatan, Jembatan Rangka Baja,Jembatan Rangka Tipe Camel Back Truss, Struktur Bangunan Atas.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Susi Rahmania
Date Deposited: 20 Feb 2019 02:29
Last Modified: 20 Feb 2019 02:29
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/2106

Actions (login required)

View Item View Item