STUDI ALTERNATIF PERENCANAAN STRUKTUR ATAS JEMBATAN RANGKA MENGGUNAKAN TIPE LENGKUNG DENGAN METODE LRFD PADA JEMBATAN DESA TAGUL KECEMATAN SEMBAKUNG KABUPATEN NUNUKAN KALIMANTAN UTARA

jesus, Joel de (2016) STUDI ALTERNATIF PERENCANAAN STRUKTUR ATAS JEMBATAN RANGKA MENGGUNAKAN TIPE LENGKUNG DENGAN METODE LRFD PADA JEMBATAN DESA TAGUL KECEMATAN SEMBAKUNG KABUPATEN NUNUKAN KALIMANTAN UTARA. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
skripsi joel.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kostruksi Jembatan Rangka Baja tipe pelengkung merupakan salah satu jenis dari beberapa buah jenis Konstruksi Jembatan Baja yang sangat banyak dibangun untuk kepentingan lalu lintas jalan raya. Seperti halnya Jembatan Desa Tagul Kecematan Sembakung kabupaten Nunukan Kalimantan Utara merupakan salah satu Konstruksi Jembatan Rangka Baja yang ada di Indonesia yang berfungsi untuk kebutuhan arus lalu lintas kususnya masyarakat kota Kalimantan Utara. Secara umum Jembatan Rangka Baja lebih menguntungkan apabila dibandingkan dengan jembatan lainnya, penyebabnya ialah karena batang-batang utama Rangka Baja memikul gaya aksial tekan atau gaya aksial tarik, konstruksi jembatan jauh lebih ringan, bentang jembatan jauh lebih panjang, pelaksanaan di lapangan jauh lebih mudah. Dengan tinggi rangka sedemikian rupa, kekakuan potongan melintang jembatan rangka lebih besar. Bagian-bagian utama rangka batang dibuat dari komponen-komponen yang tidak terlalu besar maka pengangkutannya ke lokasi jembatan menjadi lebih mudah. Struktur bangunan atas Jembatan Rangka Baja terdiri atas beberapa bagian batang-batang utama pembentuk rangka batang induk, batang-batang melintang, batang-batang memanjang, batang-batang ikatan angin atas, batang-batang ikatan angin bawah, ikatan-ikatan pengaku, sistem lantai kendaraan yang membentuk suatu konstruksi yang kaku sehingga lalu lintas aman melewatinya. Adapun tujuan dari Skripsi ini adalah untuk merencanakan Jembatan Rangka Baja Tipe Pelengkung dengan menggunakan profil baja WF dan perhitungan volume bahan yang digunakan. Dalam hal ini perencanaan menggunakan metode Load and Resistance Factor Design (LRFD) serta buku RSNI T-02-2005 untuk peraturan pembebanannya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jembatan, Struktur Bangunan Atas, Jembatan Tipe Pelengkung
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Susanti Nilasari
Date Deposited: 20 Feb 2019 03:10
Last Modified: 20 Feb 2019 03:10
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/2125

Actions (login required)

View Item View Item