PERENCANAAN STRUKTUR ATAS JEMBATAN RANGKA BAJA TYPE (K-TRUSS) DENGAN MENGGUNAKAN METODE LRFD DI JEMBATAN KALILANANG, DESA PANDANREJO, KECAMATAN BUMIAJI, KOTA BATU

hidayat, taufik (2016) PERENCANAAN STRUKTUR ATAS JEMBATAN RANGKA BAJA TYPE (K-TRUSS) DENGAN MENGGUNAKAN METODE LRFD DI JEMBATAN KALILANANG, DESA PANDANREJO, KECAMATAN BUMIAJI, KOTA BATU. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
combinepdf(89).pdf

Download (8MB)

Abstract

Jembatan merupakan suatu struktur bangunan yang berfungsi untuk menyatukan jalan yang terputus oleh rintangan, misalnya sungai, rawa, dll. Dalam penyusunan skripsi ini direncanakan struktur atas jembatan, perencanaan jembatan ini dari struktur bagian atas saja, yaitu meliputi perencanaan pelat lantai kendaraan, gelagar memanjang, gelagar melintang, gelagar induk, ikatan angin, sambungan, dan perletakan. Pengambilan judul ini bertujuan untuk dapat merencanakan struktur jembatan rangka baja yang memiliki bentang 40 m, dapat mengetahui nilai perencanaan struktur atas jembatan baja tipe k-truss dan dapat mengetahui volume bahan yang diperlukan. Jembatan rangka terdiri dari dua rangka bidang utama yang diikat bersama balok – balok melintang dan pengaku – pengakunya. Berat jembatan rangka relatif ringan dan mudah dalam pembangunannya, dimana jembatan bisa dirakit bagian demi bagian (struyk dan van deer, jembatan, 1995 : 12). Salah satunya adalah jembatan tipe k-truss. Adapun tujuan dari Skripsi ini adalah untuk merencanakan struktur bangunan atas Jembatan Rangka Baja Tipe k-truss dengan menggunakan profil baja WF. Dalam hal ini perencanaan menggunakan metode Load and Resistance Factor Design (LRFD) RSNI T 02-2005 untuk peraturan pembebanannya. analisa profil baja menggunakan SNI 03-1729-2002,RSNI-T-03-2005 dan LRFD, penulis merencanakan dan menghitung statika jembatan ini secara 3D dengan menggunakan program bantu Staad Pro. Dari analisa struktur bangunan atas jembatan diperoleh data-data hasil perhitungan serta gambar perencanaan jembatan Kalilanang yang direncanakan menggunakan struktur profil baja WF300x150x6,5x9 sebagai gelagar memanjang, WF400x300x10x16 sebagai gelagar melintang, WF100x100x6x8 sebagai pengaku, 2L100x100x10 sebagai ikatan angin atas, dan 2L100x100x10 sebagai ikatan angin bawah, dan perletakan jembatan Kalilanang menggunakan sendi dan rol. Kata kunci : Baja, Jembatan, Tipe K-truss

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Baja, Jembatan, Tipe K-truss
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Users 48 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2019 03:37
Last Modified: 20 Feb 2019 03:37
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/2136

Actions (login required)

View Item View Item