Randa, Nikitha Marisye (2017) ALTERNATIF DESAIN BANGUNAN ATAS JEMBATAN TIPE TROGH PETIT TRUSS DENGAN MENGGUNAKAN METODE L.R.F.D di LILIBA KOTA KUPANG, NUSA TENGGARATIMUR. Skripsi thesis, ITN Malang.
Text
Untitled(37).pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Jembatan jalan raya secara umum adalah suatu konstruksi yang berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus oleh adanya rintangan-rintangan seperti lembah yang dalam, alur sungai, danau, saluran irigasi, kali, jalan raya yang melintang tidak seimbang. Pada daerah Kota Kupang pembuatan jembatan rangka baja lebih bagus sebagai pendekat dari pada jembatan beton. material seperti batu keras, pasir yang bagus, sulit di dapat untuk membuat jembatan beton bertulang,sedangkan jembatan beton prategang juga kuraang menguntungkan, maka dari itu memilih jembatan baja karena mudah dalam pelaksanaan dan material nya. Jembatan rangka terdiri dari dua rangka bidang utama yang diikat bersama balok – balok melintang dan pengaku – pengakunya. Berat jembatan rangka relativ ringan dan mudah dalam pembangunannya, dimana jembatan bisa dirakit bagian demi bagian (struyk dan van deer, jembatan, 1995 : 12). Salah satunya adalah jembatan pelengkung tipe Trough Petit Truss. Adapun tujuan dari Skripsi ini adalah untuk merencanakan struktur bangunan atas Jembatan Rangka Baja Tipe Trough Petit Truss dengan menggunakan profil baja WF. Dalam hal ini perencanaan menggunakan metode Load and Resistance Factor Design (LRFD) RSNI T 02-2005 untuk peraturan pembebanannya. Hasil yang diperoleh dari perencanaan ulang, pada perencanaan plat lantai kendaraan mneggunakan tebal plat beton 250 mm, dipakai tulangan pokok D13-250 mm, dan dipakai tulangan bagi D 13 – 250 mm. Pada perencanaan gelagar memanjang dipakai profil WF 350 X 175 X 7 X 11. Pada perencanaan gelagar melintang dipakai profil WF 700 X 300 X 13 X 24. Pada perencanaan gelagar melintang atas tengah dipakai profil WF 200 X 200 X 8 X 12. Pada perencanaan gelagar melintang atas tepi dipakai profil WF 200 X 200 X 8 X 12. Pada perencanaan gelagar induk dipakai profil WF 400X 400 X 20 X 35. Pada perencanaan ikatan angina dipakai profil LD 150.150.12. Pada sambungan menggunakan menggunakan tebal plat simpul 4 cm dan diameter 7/8”. Pada perhitungan perletakan didapatka panjang (l) 100 cm dan lebar (b) 50 cm.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jembatan, Jembatan Rangka Baja,Jembatan Rangka Tipe Trough Petit Truss, Struktur Bangunan Atas |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi) |
Depositing User: | Mr Sayekti Aditya Endra |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 02:36 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 02:42 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/2212 |
Actions (login required)
View Item |