ANALISIS SKALA PRIORITAS PEMELIHARAAN JALAN KOTA (Studi Kasus Jalan Kota Pasuruan)

Lami, Wahyudi (2016) ANALISIS SKALA PRIORITAS PEMELIHARAAN JALAN KOTA (Studi Kasus Jalan Kota Pasuruan). Masters thesis, ITN Malang.

[img] Text
full text (4).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Wahyudi Lami, 2016. Analisis skala prioritas pemeliharaan jalan Kota( Study khasus Jalan Kota Pasuruan) Tesis Program Studi Teknik Sipil. Konsentrasi Manajemen Konstruksi Program Pascasarjana ITN Malang, Pembimbing (I) Dr. Ir. Kustamar, MT. (II) Ir. H. Edi Hargono DP. MS. Kata Kunci: Prioritas penanganan Jalan Kota , metode AHP. Selama ini penentuan urutan prioritas pemeliharaan jalan kota pasuruan dilakukan berdasarkan laporan dari masyarakat dan hasil musrenbang dengan kreteria anggaran dan teknis jalan sedangkan pihak-pihak yang ikut menentukan diantaranya adalah Bappeda dan dinas Pekerjaan umum .Namun bagai mana kreteria-kreteria tersebut mempengaruhi urutan prioritas itu belum didasarkan atas suatu metode apapun yang dapat dipertanggung jawabkan,Sehingga masalah urutan prioritas pemeliharaan jalan ini masih seselalu menjadi polemik.Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan bobot aspek ,bobot kreteria dan urutan prioritas.yang dipertimbangkndalam penentuan ruas jalan di kota pasuruan. Metodologi analisis data yang digunakan adalah Analyti Hierarchy Prosess ( AHP) dari kuesioner yang di sebarkan kepada 10 respoden dari orang-orang yang megetahui dan terlibat di dalam kegiatan pemeliharaan jalan kota.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut: Besar bobot dari masing-masing kriteria dengan urutan sebagai berikut bobot yang terbesar aspek biaya sebesar 0,2972, kemudian aspek lain sebesar 0,2438, urutan ketiga aspek teknis sebesar 0,2430, urutan keempat aspek metode sebesar 0,2160. Hasil analisis masing-masing subkriteria didapatkan bobot yang bervariasi, berikut 4 ( Empat ) bobot terbesar subkriteria : urutan pertama dan dilanjutkan urutan kedua, ketiga sampai kelima A1 investasi dengan bobot sebesar 0,1746, D3 rute angkutan dengan bobot sebesar 0,1389, A3 pemeliharaan dengan bobot sebesar 0,0919, C4 kerusakan jalan dengan bobot sebesar 0,0844, B3 tenaga dengan bobot sebesar 0,0793 ,Serta urutan prioritas ruas jalan,(X4) Peningkatan Jalan Kerampyangan –Bakalan Kecamatan Bugulkidul. (X2) Pemeliharaan Berkala Jalan Cemara Kecamatan Panggung Rejo, (X1)Pemeliharaan Berkala Jalan KH Mansur Kecamatan Purworejo,dan (X3) Pemeliharaan Berkala Jalan Sebani Kecamatan Gadingrejo, Hasil penelitian ini terdapat kemiripan dengan yang terjadi dilapangan,dengan demikian pengunaan metode AHP dapat memperkuat skala penentuan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Prioritas penanganan Jalan Kota , metode AHP. Selama ini penentuan urutan prioritas pemeliharaan jalan kota pasuruan
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknik Sipil S2 > Teknik Sipil S2(Tesis)
Depositing User: haning haning
Date Deposited: 17 Jan 2019 02:05
Last Modified: 06 Mar 2019 01:32
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/222

Actions (login required)

View Item View Item