Pengaruh Parkir Tepi Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan Nasional Batas Kabupaten Pasuruan - Karanglo (Studi Kasus Pada On Street parking Di Pasar Singosari Malang)

MANEK, AGUSTINUS C. IRIMIDA (2018) Pengaruh Parkir Tepi Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan Nasional Batas Kabupaten Pasuruan - Karanglo (Studi Kasus Pada On Street parking Di Pasar Singosari Malang). Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
Untitled(39).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Kondisi parkir di tepi jalan pada Ruas Jalan Nasional batas Kabupaten Pasuruan – Karanglo (Pasar Singosari) yang memiliki 56 petak parkir dengan SRP 2,5 m x 5 m yang dipakai secara kombinasi oleh kendaraan ringan maupun kendaraan sepeda motor, cukup padat pada hari – hari tertentu menyebabkan jalan tersebut mengalami kemacetan. Kondisi itu mengakibatkan menurunnya Kinerja dari ruas jalan. Hal ini dapat dilihat dari kecepatan yang seringkali tertahan saat melewati ruas jalan tersebut. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil survey selama 3 hari pengamatan yaitu Hari Minggu 8 April 2018, Sabtu 14 April 2018 dan Senin 16 April 2018 yang berupa data geometrik jalan dan data parkir kendaraan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari Instansi terkait seperti Dinas Perhubungan. Analisa dilakukan terhadap Karakteristik Parkir dan parameter dalam Kinerja ruas jalan. Sebagai dasar analisa digunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014 bahasan luar kota. Parkir di tepi jalan pada Ruas Jalan Nasional batas Kabupaten Pasuruan – Karanglo (Pasar Singosari) memiiki karakteristik yaitu Durasi parkir tertinggi yaitu 15 menit, Akumulasi dan volume parkir yang tertinggi pada Hari Minggu, indeks parkir tertinggi pada Hari Minggu yaitu 73% dan Parking turn over tertinggi yaitu 3,3. Hal ini berdampak pada buruk pada kinerja ruas jalan yaitu kapasitas jalan berkurang menjadi 33,73%, derajat kejenuhan pada jam sibuk yaitu pada Hari Minggu pukul 11.45-12.45 WIB sebesar 0,38 bertambah menjadi 0,84, tingkat pelayanan dalam kategori B menjadi D, dan kecepatan kendaraan sebesar 70,01 km/jam berkurang menjadi 57,39 km/jam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Parkir tepi jalan, Kinerja Ruas, Karakteristik Parkir
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 21 Feb 2019 02:50
Last Modified: 21 Feb 2019 02:50
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/2222

Actions (login required)

View Item View Item