STUDI EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL JL. KUNTA BHASWARA - JL. MAYJEN M. WIYONO, KOTA MALANG

Amelia, Nurul (2018) STUDI EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL JL. KUNTA BHASWARA - JL. MAYJEN M. WIYONO, KOTA MALANG. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
9. ISI SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
9. ISI SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Nurul Amelia, 1421137,2018 “Studi Evaluasi Kinerja Simpang Tak Bersinyal Jl. Kunta Bhaswara – Mayjen M. Wiyono, Kota Malang’’ Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Institut Teknologi Nasional Malang. Dosen Pembimbing (I) : Ir. Togi H. Nainggolan, MS, Dosen Pembimbing (II) : Ir. Agus Prajitno, MT. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui kinerja persimpangan dan penanggulangan kemacetan yang terjadi pada persimpangan. Persimpangan merupakan simpul pertemuan ruas jalan dan pergerakan berpotongan sehingga apabila terjadi kemacetan pada persimpangan maka akan mempengaruhi kinerja jaringan jalan. Dalam menganalisa simpang tak bersinyal dan bersinyal menggunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014, dimana parameter kinerja yang dianalisis meliputi kapasitas, tundaan, derajat kejenuhan dan peluang antrian. Pengumpulan data diperoleh dari survei lapangan secara langsung yang dilakukan secara manual pada hari Sabtu,Senin, dan Rabu pada tanggal 7,9,11 April 2018. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa, simpang tak bersinyal di persimpangan Jl. Kunta Bhaswara– Jl. Ranugrati – Jl. Puntodewo dan Jl. Mayjen M. Wiyono, Kota Malang telah membutuhkan traffic light karena volume lalu lintas eksisting selama 8 jam sebesar 15.043 melebihi standar 750 kend/jam. Dari 3 alternatif skenario penerapan traffic light dipakai alternatif 3 fase belok kiri jalan terus dengan hasil kinerja pada Jalan Kunta Bhaswara (Pendekat A) DS = 0,203, Jalan Ranugrati (Pendekat B) DS = 0,723 Jalan Puntodewo (Pendekat C) DS = 0,769, dan Mayjen M. Wiyono (Pendekat D) DS = 0,841. Tundaan rata-rata diperoleh 22,777 det/skr dengan tingkat pelayanan C,dan panjang antrian sebesar 99,405 meter. Kata kunci : kinerja, karakteristik , simpang tak bersinyal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Unnamed user with username sipil
Date Deposited: 25 Feb 2019 00:55
Last Modified: 13 Mar 2019 02:18
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/2323

Actions (login required)

View Item View Item