PEMBUATAN GAME ADVENTURE THE PASTRY WORLD DENGAN MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE

Devi, Wulandari Dwi Fakumala (2018) PEMBUATAN GAME ADVENTURE THE PASTRY WORLD DENGAN MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
BARU 1418092.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

PEMBUATAN GAME ADVENTURE THE PASTRY WORLD DENGAN MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE Wulandari Dwi Fakumala Devi (14.18.092) Program Studi Teknik Informatika S-1 Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang Jl. Raya Karanglo Km. 2 Tasikmadu, Malang Email : wulandevi13@gmail.com Dosen Pembimbing : 1. Ali Mahmudi, B.Eng. PhD. 2. Ahmad Faisol, ST, MT. ABSTRAK Game merupakan salah satu produk dari teknologi informasi yang cukup digemari saat ini, game juga merupakan bentuk aplikasi interaktif yang dapat bersifat menghibur maupun memberi efek tantangan terhadap penggunanya. Game Adventure (Game Petualangan) merupakan permainan yang menekankan pada jalan cerita dan kemampuan berfikir pemain dalam menganalisa tempat secara visual, memecahkan teka-teki maupun menyimpulkan peristiwa. Selain sebagai media hiburan, game juga bisa dijadikan media pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah game bertema petualangan “The Pastry World”, dimana game ini terdapat beberapa misi dan tujuan utama untuk memperkenalkan pastry dengan cara melalui mengalahkan bos level. Finite State Machine (FSM) adalah sebuah metodologi perancangan sistem control yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakkan hal berikut: State (Keadaan), Event (Kejadian), dan Action (Aksi), sebagai sebuah metodologi perancangan pergerakan Non Playable Character(NPC). Metode Finite State Machine dapat diterapkan pada nilai-nilai batas perpindahan yang pasti dan mudah diterapkan seperti pada Enemy dan Boss pada game adventure “The Pastry World”. Hasil yang didapatkan dari penelitian yang dilakukan menggunakan kecerdasan buatan Finite State Machine yang diterapkan pada Non Playable Character (NPC), dimana Non Playable Character dapat mendeteksi keberadaan player dan aksi yang akan dilakukan ketika player terdeteksi. Pada pengujian implementasi metode FSM dilakukan langsung pada Software Unity didapatkan hasil yang sesuai. Pada pengujian fungsional dari 27 aspek didapat semua berjalan dengan baik. Dan pada pengujian yang dilakukan terhadap 10 responden didapatkan hasil rata-rata dari 6 aspek yang ditanyakan mayoritas responden menjawab baik. Kata kunci : Game, The Pastry World, FSM, NPC.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Game, The Pastry World, FSM, NPC.
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Ms Nunuk Yuli
Date Deposited: 26 Feb 2019 04:21
Last Modified: 13 Mar 2019 02:51
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/2484

Actions (login required)

View Item View Item