Alfin, Chairulmin (2016) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAN ANALISA KELAYAKAN PADA PROYEK PENGEMBANGAN WAHANA WISATA TAMAN REKREASI TLOGOMAS DI KOTA MALANG. Masters thesis, ITN Malang.
Text
full text (6).pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Chairulmin Alfin, 2016. Faktor yang Mempengaruhi dan Analisa Kelayakan Pada Proyek Pengembangan Wahana Wisata Taman Rekreasi Tlogomas di Kota Malang. Tesis, Program Studi Teknik Sipil, Program Pascasarjana ITN Malang, Pembimbing I: Dr. Ir. Lalu ,MT . Pembimbing II: Ir. Edi Hargono, MS. Kegiatan di bidang pariwisata sampai saat ini masih bersifat kompleksdinamis dan berpeluang sebagai sumber pendapatan dengan diikuti pengembangan kawasan wisata yang mencakup integrasi semua komponennya beserta faktorfaktor yang mempengaruhi pengembangan pariwisata. Industri pariwisata sesungguhnya tidak berdiri sendiri, tetapi merupakan serangkaian perusahaan yang menghasilkan barang dan .jasa yang berbeda satu dengan lainnya. Di dalamnya terdapat berbagai faktor penentu, seperti produk wisata, adanya promosi terus menerus serta memahami motivasi wisatawan dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan kedatangan wisatawan ke kawasan wisata taman rekreasi tlogomas dan menganalisis kelayakan pengembangan kawasan wisata taman rekreasi tlogomas sebagai kawasan wisata taman rekreasi. Adapun teknik pengolahan data didasarkan kepada aspek-aspek analisis kelayakan melalui teknik analisis deskriptif dan regresi terhadap variabel-variabel yang telah ditentukan dan melalui Net Present Value (NPV), Internal Rate of Returns (IRR) dan Benefit Cost Ratio untuk mengkaji aspek kelayakan finansial. Hasil penelitian diperoleh nilai F hitung sebesar 41,204, artinya faktor marketing mix, sosial budaya dan psikologi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan wisatawan, nilai t hitung dari setiap variabel independen lebih besar dari t tabel (1,660), artinya faktor marketing mix, sosial budaya dan psikologi berpengaruh signifikan terhadap keputusan wisatawan dalam melakukan kunjungan wisata di Taman Rekreasi Tlogomas; Berdasarkan analisis kelayakan proyek, didapat nilai NPV Rp. 674,090,696,167 (> 0), nilai IRR sebesar 22 % (dimana 22 % > 10 %), nilai BCR 1.79 (dimana 1.79 > 1). Kesimpulan penelitian ini bahwa faktor marketing mix, sosial budaya dan psikologis secara simultan (bersama-sama) dan secara parsial (masing-masing) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan wisatawan dalam melakukan kunjungan wisata di Taman Rekreasi Tlogomas; berdasarkan nilai NPV, IRR dan BCR maka investasi pengembangan wahana wisata Taman Rekreasi Tlogomas dianggap layak. Kata Kunci : Marketing mix, sociocultural, psychological, kelayakan finansial. .
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Marketing mix, sociocultural, psychological, kelayakan finansial. |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering Engineering > Environmental Engineering |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknik Sipil S2 > Teknik Sipil S2(Tesis) |
Depositing User: | haning haning |
Date Deposited: | 21 Jan 2019 01:28 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 08:53 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/261 |
Actions (login required)
View Item |