Perancangan Transmisi Mini Bike Dengan Menggunakan Motor Bensin

Suharso, Hadi Subeno Tri (2018) Perancangan Transmisi Mini Bike Dengan Menggunakan Motor Bensin. Tugas Akhir thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
COVER DAN LAMPIRAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 1 SAMPAI 5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN GAMBAR.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perancangan Transmisi Mini Bike Dengan Menggunakan Motor Bensin Hadi Subeno Tri Suharso. 2018. Laporan Tugas Akhir Institut Teknologi Nasional Malang, Fakultas Teknologi Industri, Teknik Mesin Diploma III. Dosen Pembimbing Ir. Drs. Boedijanto, MT. Latar belakang : Sepeda Motor Mini Bike menjadikan solusi yang positif untuk menjawab tantangan urban di masa kini yang mempunyai desain minimalis dan mudah dalam perawatan serta pengoperasiannya. Selain menggunakan tenaga mekanis, konsep ini akan dibuat sefungsional mungkin, sehingga mudah digunakan. Alat bantu pekerjaan yang dapat membuat masyarakat bisa melakukan aktifitas mereka dengan mudah saat melewati jalan medan sempit maupun ramai. Manfaat Pembuatan : Dapat menambah pengetahuan khususnya tentang mengenai transmisi Sepeda Motor Mini Bike dan memberikan informasi yang digunakan oleh industry khususnya pembuat sepeda Motor Mini Bike dengan menggunakan motor bensin. Metode : Pada pembuatan alat ini dilakukan metode penelitian yang digunakan dalam pelaksanaan tugas akhir ini adalah metode deskriptif, yaitu pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat(whitney,1996). Jenis deskriptif yang digunakan meliputi : Metode literature(studi pustaka), Metode observasi dan Metode wawancara serta bimbingan dosen. Hasil : Dari perancangan transmisi didapat perbandingan gear primer dan gear skunder = 1: 2,9. Transmisi 1= 1: 2,5. Transmisi 2= 1: 1,55. Transmisi 3= 1:1,15. Transmisi 4= 1:0,92. Untuk Output Shaft Gearbox kecepatan rendah 205,7 rpm dan kecepatan tinggi 2.785,7 rpm. Kecepata mesin penggerak 9844rpm. Sprocket kecil 1: 4,5mm. Sproket Besar 1:12,1mm. Putaran sprocket yang digerakkan 3867rpm. Panjang rantai di gear 52 mata rantai. Jaral sumbu poros 200mm. Kecepatan rantai 22,5m/s. Beban pada rantai 2kg. Gaya rantai 12.786,1968N. Daya rantai 287.682,381NM/detik dan Tegangan pada rantai yang bekerja 1.071,58874N/mm2. Kesimpulan : Dari hasil perhitungan - perhitungan yang dilakukan dalam perancangan, terlihat bahwa pengambilan komponen dan bahan – bahan memenuhi persyaratan

Item Type: Thesis (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: BISNIS, MINI BIKE, SISTEM TRANSMISI
Subjects: Engineering > Mechanical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin S1 > Teknik Mesin S1(Skripsi)
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2019 03:47
Last Modified: 12 Mar 2019 06:55
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/273

Actions (login required)

View Item View Item