ALTERNATIF DESAIN BANGUNAN ATAS JEMBATAN TIPE TROUGH PETIT TRUSS DENGAN MENGGUNAKAN METODE L.R.F.D. (STUDI KASUS JEMBATAN SENYIUR KEC. MUARA ANCALONG)

Sinambela, Samuel (2016) ALTERNATIF DESAIN BANGUNAN ATAS JEMBATAN TIPE TROUGH PETIT TRUSS DENGAN MENGGUNAKAN METODE L.R.F.D. (STUDI KASUS JEMBATAN SENYIUR KEC. MUARA ANCALONG). Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
Untitled(176).pdf
Restricted to Registered users only

Download (42MB) | Request a copy

Abstract

Jembatan jalan raya secara umum adalah suatu konstruksi yang berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus oleh adanya rintangan-rintangan seperti lembah yang dalam, alur sungai, danau, saluran irigasi, kali, jalan kereta api, jalan raya yang melintang tidak seimbang. Pada daerah Kalimantan pembuatan jembatan rangka baja lebih bagus sebagai pendekat dari pada jembatan beton. Karena susahnya material seperti batu, pasir, dan material yang lainnya untuk membuat jembatan beton, maka dari itu memilih jembatan rangka karena mudah dalam pelaksanaan dan material nya. Jembatan rangka terdiri dari dua rangka bidang utama yang diikat bersama balok – balok melintang dan pengaku – pengakunya. Berat jembatan rangka relativ ringan dan mudah dalam pembangunannya, dimana jembatan bisa dirakit bagian demi bagian (struyk dan van deer, jembatan, 1995 : 12). Salah satunya adalah jembatan pelengkung tipe Trough Petit Truss. Adapun tujuan dari Skripsi ini adalah untuk merencanakan struktur bangunan atas Jembatan Rangka Baja Tipe Trough Petit Truss dengan menggunakan profil baja WF. Dalam hal ini perencanaan menggunakan metode Load and Resistance Factor Design (LRFD) RSNI T 02-2005 untuk peraturan pembebanannya. Hasil yang diperoleh dari perencanaan ulang, pada perencanaan plat lantai kendaraan mneggunakan tebal plat beton 250 mm, dipakai tulangan pokok D13-250 mm, dan dipakai tulangan bagi D 13 – 250 mm. Pada perencanaan gelagar memanjang dipakai profil WF 350 X 150 X 8 X 13. Pada perencanaan gelagar melintang dipakai profil WF 500 X 300 X 11 X 18. Pada perencanaan gelagar melintang atas tengah dipakai profil WF 200 X 200 X 8 X 12. Pada perencanaan gelagar melintang atas tepi dipakai profil WF 200 X 200 X 8 X 12. Pada perencanaan gelagar induk dipakai profil WF 400X 400 X 20 X 35. Pada perencanaan ikatan angina dipakai profil LD 120.120.8. Pada sambungan menggunakan menggunakan tebal plat simpul 4 cm dan diameter 7/8”. Pada perhitungan perletakan didapatka panjang (l) 80 cm dan lebar (b) 60 cm. Kata Kunci : Jembatan, Jembatan Rangka Baja,Jembatan Rangka Tipe Trough Petit Truss, Struktur Bangunan Atas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Jembatan, Jembatan Rangka Baja,Jembatan Rangka Tipe Trough Petit Truss, Struktur Bangunan Atas.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Susi Rahmania
Date Deposited: 05 Mar 2019 04:14
Last Modified: 03 Mar 2023 03:04
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/2740

Actions (login required)

View Item View Item