PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE PADA GAME “CASTLE OF ILLUSION”

Badruddin, Achmad (2019) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE PADA GAME “CASTLE OF ILLUSION”. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
Laporan Skripsi 1418137 pdf.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE PADA GAME “CASTLE OF ILLUSION” Achmad Badruddin (1418137) Program Studi Teknik Informatika S-1 Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi NasionalMalang Jalan Raya Karanglo km 2 Tasikmadu, Malang Email : badruddin283@gmail.com ABSTRAK Game adventure Castle Of Illusion merupakan permainan petualangan dimana pemain akan menjalankan karakter seorang kesatria. Dimana game ini menceritakan tentang sebuah kerajaan yang telah di rampok hasil alamnya oleh seorang penyihir jahat, dan seorang kesatria yg ingin berusaha merebut kembali dan menyelamatkan hasil bumi yg telah di curi oleh seorang penyihir jahat dan juga para pengikutnya. Dalam game ini menggunakan game engine Unity3D, dengan menerapkan kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine). FSM (Finite State Machine) digunakan pada karakter NPC (Non Playable Character) yaitu karakter yang digerakan oleh kecerdasan buatan yang digunakan untuk mendukung game tersebut. Seperti karakter Enemy dan Boss yang menggunakan tiga hal yaitu : Keadaan, Kejadian, dan Aksi. Dari pengujian yang telah dilakukan hasil dari kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) pada game Adventure “Castle Of Illusion” ini karakter NPC (Non Playable Character) dapat mendeteksi keberadaan player untuk menentukan aksi serangan dari musuh tanpa melibatkan pengguna game, dari hasil pengujian yang dilakukan pada 10 orang yang berbeda maka mendapatkan hasil sebagai berikut, 2 orang menyatakan cukup, 6 orang menyatakan baik, 2 orang menyatakan baik sekali.. Kata kunci : game adventure, Castle Of Illusion, finite state machine, Unity3D

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: game adventure, Castle Of Illusion, finite state machine, Unity3D
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Mahasiswa informatika S1
Date Deposited: 26 Mar 2019 01:34
Last Modified: 26 Mar 2019 01:34
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/2742

Actions (login required)

View Item View Item