PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME ADVENTURE THE GUARDIAN

Huda, Miftakhul (2018) PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME ADVENTURE THE GUARDIAN. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
LAPORAN MIFTAKHUL HUDA (14.18.140) .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

GAME ADVENTURE PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME THE GUARDIAN Miftakhul Huda (14.18.140) Program Studi Teknik Informatika S-1 Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang Jl. Raya Karanglo Km. 2 Tasikmadu, Malang Email : hoeda14itn@gmail.com Dosen Pembimbing : 1. Joseph Dedy Irawan, ST, MT. 2. Febriana Santi Wahyuni, S.Kom,M.Kom. ABSTRAK Dengan adanya kecerdasan buatan (artificial intlegence) dan penggunaan grafis telah melahirkan beberapa genre game yang semakin menarik, tidak hanya dapat dimainkan di pc berbasis dekstop tetapi sudah berkembang dapat dimainkan di aplikasi mobile. Game adalah salah satu hiburan yang sangat digemari oleh semua kalangan baik dari anak-anak hingga orang dewasa. Game dikembangkan dalam berbagai jenis. Salah satu yang paling populer adalah permainan petualangan. Permainan ini biasanya berupa perjalanan yang menuntut kewaspadaan untuk menyelesaikan. Di dalam game yang ber-genre adventure memiliki alur cerita. Maka dari itu penulis tertarik membuat Game Adventure “The Guardian”untuk memberikan hiburan kepada pemain. Di dalam permainan game tentunya ada konflik yang terjadi antara player dengan enemy yang menuntut kewaspadaan dan ketenangan dalam menyelesaikan suatu permainan game yang ber genre adventure. Metode yang diterapkan dalam pembuatan game adventure The Guardian ini menggunakan metode FSM atau Finite State Machine. Dimana metode tersebut bagian dari metode kecerdasan buatan atau artificial intelligence untuk pengambilan keputusan karakter NPC (Non Playable Character) yaitu karakter yang digerakan oleh kecerdasan buatan tanpa melibatkan control dari pemain yang digunakan di dalam game tersebut. Pada pengujian Game dapat berjalan pada platform Microsoft Windows dimulai dari Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10. Pada iv pengujian implementasi metode Finite State Machine dan fungsi game yang dilakukan langsung di software Unity3D dapat berjalan sesuai yang diharapkan oleh penulis. Dan pada pengujian game yang dilakukan terhadap 10 user didapatkan hasil rata-rata dari 6 aspek yang ditanyakan menjawab 58% baik, 38% cukup, dan 3% kurang. Kata kunci : Game Adventure, Finite State Machine, Unity3D

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Game Adventure, Finite State Machine, Unity3D
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Ms Nunuk Yuli
Date Deposited: 27 Mar 2019 06:39
Last Modified: 27 Mar 2019 06:39
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3111

Actions (login required)

View Item View Item