PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME ADVENTURE “FRANCO”

FAHRUDIN, NAIMAN (2018) PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME ADVENTURE “FRANCO”. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
Penerapan Metode FSM Pada Game Adventure Franco (Naiman Fahrudin).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Game merupakan salah satu media hiburan yang saat ini sudah banyak diminati oleh kalangan anak-anak, remaja maupun dewasa. Selain itu aplikasi komputer pada saat ini juga berkembang dengan pesat dan menjadi salah satu hiburan utama untuk mengisi waktu luang. Akan tetapi aspek ini belum di tanggapi serius oleh masyarakat Indonesia, padahal developer lokal sendiri seharusnya bisa bersaing dengan developer negara-negara lain seperti Amerika dan Jepang yang menjadi negara penghasil game terbesar didunia saat ini. Dalam menanggapi diatas maka penulis mencoba mengembangkan sebuah game Adventure “Franco” menggunakan game engine Unity3D, dengan menerapkan kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine). FSM (Finite State Machine) digunakan pada karakter NPC (Non Playable Character) yaitu karakter yang digerakan oleh kecerdasan buatan yang digunakan untuk mendukung game tersebut. Seperti karakter Enemy dan Boss yang menggunakan tiga hal yaitu : Keadaan, Kejadian, dan Aksi, sehingga enemy dapat bergerak secara otomatis tanpa melibatkan player. Dari pengujian yang telah dilakukan hasil dari kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) pada game Adventure “Franco” ini karakter NPC (Non Playable Character) dapat mendeteksi keberadaan player untuk menentukan aksi serangan dari musuh tanpa melibatkan pengguna game, dari hasil pengujian control player dicapai 100% berhasil, pengujian fungsional dicapai 100% berhasil, pengujian AI (Artificial Intelligence) persentase yang di capai yaitu 100 % dan pengujian user persentase yang di capai yaitu 70 % baik. Kata kunci : game, Adventure Franco, FSM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: game, Adventure Franco, FSM
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Ms Nunuk Yuli
Date Deposited: 25 Apr 2019 02:03
Last Modified: 25 Apr 2019 02:03
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3457

Actions (login required)

View Item View Item