Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Non-Akademik Citra Lembaga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa (Studi Kasus Di Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire)

Dharsono, Wardhana Wahyu and Nursanti, Ellysa and Hutabarat, Julianus (2015) Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Non-Akademik Citra Lembaga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa (Studi Kasus Di Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire). Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri,, 1 (2). ISSN ISSN 2549-3426.

[img] Text
262-49-506-3-10-20171107.pdf

Download (226kB)
[img] Text (Uji turnitin)
Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Non-Akademik Citra Lembaga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa (Studi Kasus Di Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pengaruh kualitas layanan akademik.pdf

Download (1MB)

Abstract

Globalisasi merupakan tantangan strategis pendidikan tinggi dewasa ini. Universitas Satya Wiyata Mandala (USWIM) Nabire Papua sebagai penyedia jasa pendidikan memandang perlu meningkatan fasilitas, kualitas dosen dan karyawan serta suasana lingkungan akademik untuk keberlanjutannya dan kerberhasilan didalam memasarkan pendidikannya. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh variable Pelayanan Non Akademik, Akademik dan Citra Lembaga terhadap kepuasan mahasiswa dan loyalitas. Penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kausalistik, dengan populasi seluruh mahasiswa Universitas Sa t y a Wi y a t a Ma n d a l , teknik pengambilan sampel dengan proportional random sampling dan pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan metode angket, sedangkan analisis yang digunakan adalah structural equation model (SEM) dengan bantuan Smar tPLS untuk mengetahui faktor – faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas mahasiswa dengan hasil outer model (convergent validity, discriminant validity, AVE, Composite reliability), serta hasil Inner Model (R_Square). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepuasan mahasiswa dipengaruhi oleh pelayanan non akademik, pelayanan akademik dan citra lembaga selebihnya 25% dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan loyalitas kurang lebih 65% dipengaruhi oleh pelayanan non akademik, kepuasan mahasiswa dan citra lembaga selebihnya kurang lebih 35% dipengaruhi oleh faktor lain. (1) Pelayanan Non Akademik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan, Pelayanan Akademik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan (2) Citra Lembaga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan, (3) Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas, (4) Pelayanan Non Akademik berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas, (5) Citra Lembaga berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan akademik, non akademik, citra lembaga, kepuasan mahasiswa, loyalitas mahasiswa.
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknik Industri S2
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:06
Last Modified: 04 Feb 2020 05:36
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3659

Actions (login required)

View Item View Item