Hardianto, Rudy (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH PADA KETERLAMBATAN PEKERJAAN PEMBANGUNAN JALAN MAHAK BARU – SEI BARANG. Masters thesis, ITN MALANG.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (429kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (266kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (535kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (422kB) |
|
Text
BAB IV V.pdf Download (453kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (255kB) |
Abstract
Rudy Hardianto, Program Studi Teknik Sipil, Program Pascasarjana, Institut Teknologi Nasional Malang, Agustus 2017. Analisis Faktor Yang Berpengaruh Pada Keterlambatan Pekerjaan Pembangunan Jalan Mahak Baru – Sei Barang. Tesis, Pembimbing: (1) Dr. Ir. Lalu Mulyadi, MTA, (2) Ir. Andrianus Agus Santoso, MT Pelaksanaan proyek jalan diperlukan manajemen pengelolaan proyek untuk mengidentifikasi/kuantifikasi, menganalisis, menanggapi dan akhirnya mengendalikan. Di dalam pelaksanaan proyek pembangunan Jalan Mahak Baru-Sei Barang di Kabupaten Malinau Provinsi KalimantanTimur, ada beberapa faktor yang diduga berpengaruh terhadap keterlambatan umur rencana jalan, seperti: lingkungan kerja, material, peralatan, tenaga kerja, keuangan, metode pelaksanaan dan perubahan desain. Pihak-pihak terkait seperti pemilik, kontraktor dan konsultan pengawas harus dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang berdampak pada keterlambatan pelaksanaan proyek dan bagaimana menangani faktor-faktor yang ada. Tujuan penelitian ini adalah: Menganalisis keterlambatan pelaksanaan proyek pembangunan jalan Mahak Baru-Sei Barang, menganalisis masing-masing penyebab potensial, hubungan (urutan kegagalan) antara penyebab dan pencegahan keterlambatan pelaksanaan proyek pembangunan jalan Mahak Baru-Sei Barang, merekomendasikan penyelesaian keterlambatan pelaksanaan proyek pembangunan jalan Mahak Baru-Sei Barang dengan menggunakan pendekatan FTA. Metode penelitian ini termasuk penelitian diskriptif yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keterlambatan pelaksanaan pembangunan pekerjaan pada proyek Jalan Mahak Baru-Sei Barang Kabupaten Malinau Provinsi KalimantanTimur tahun 2015. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian, yaitu dengan kuesioner dan wawancara sebagai instrument untuk menjawab seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden. Tujuannya untuk memperoleh diskripsi yang utuh dan mendalam. Data studi kasus diperoleh dari data primer dan data sekunder. Berdasarkan dari hasil penelitian, diperoleh Fhitung lebih besar dari Ftabel, sehingga seluruh variabel bebas berpengaruh terhadap keterlambatan pelaksanaan pada proyek pembangunan jalan Mahak Baru-Sei Barang, sedangkan secara parsial (uji t) variabel yang berpengaruh ialah variabel material (X2), variabel keuangan (X5) dan variabel metode pelaksanaan (X6) karena nilai signifikannya < 0,05; langkah awal dalam membuat model grafis FTA adalah menentukan top even, kemudian dicari kejadian yang menyebabkan terjadinya top event tersebut dan dihubungkan dengan simbol gerbang sehingga diketahui kejadian-kejadian dasar yang menyebabkan terjadinya top event; tindakan penyelesaian yang digunakan untuk mengatasi keterlambatan yaitu pengawasan yang ketat dan koordinasi yang baik dengan stakeholder terkait secera berkelanjutan. Kata kunci : keterlambatan, jalan, regresi, fault tree.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : keterlambatan, jalan, regresi, fault tree. |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknik Sipil S2 > Teknik Sipil S2(Tesis) |
Depositing User: | haning haning |
Date Deposited: | 21 Aug 2019 03:09 |
Last Modified: | 21 Aug 2019 03:09 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3827 |
Actions (login required)
View Item |