RANCANG BANGUN SISTEM FAST CHARGING PADA BATERAI VRLA MENGGUNAKAN FREKUENSI TINGGI UNTUK MOBIL LISTRIK KAMPUS

Wahyu Arif Setiawan, Wahyu Arif Setiawan (2020) RANCANG BANGUN SISTEM FAST CHARGING PADA BATERAI VRLA MENGGUNAKAN FREKUENSI TINGGI UNTUK MOBIL LISTRIK KAMPUS. Tugas Akhir thesis, Instiut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
1752016_COVER - wahyu arif setiawan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text
1752016_BAB I - wahyu arif setiawan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (19kB)
[img] Text
1752016_BAB II - wahyu arif setiawan.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text
1752016_BAB III - wahyu arif setiawan.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text
1752016_BAB IV - wahyu arif setiawan.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text
1752016_BAB V - wahyu arif setiawan.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (20kB) | Request a copy
[img] Text
1752016_DAFTAR_PUSTAKA - wahyu arif setiawan.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text
1752016_LAMPIRAN - wahyu arif setiawan.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

RANCANG BANGUN SISTEM FAST CHARGING PADA BATERAI VRLA MENGGUNAKAN FREKUENSI TINGGI UNTUK MOBIL LISTRIK KAMPUS Wahyu Arif Setiawan1) Dosen Pembimbing : Ir. Eko Nurcahyo, MT2) , Bima Romadhon Parada Dian Palevi, ST., MT3) 1)Mahasiswa Program Studi Teknik Listrik DIII, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional 2)Program Studi Teknik Listrik DIII, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional 3)Program Studi Teknik Listrik DIII, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Jl. Karanglo Km 2, Tasikmadu, Malang e-mail: wahyuarif1997@gmail.com ABSTRAK Mobil Listrik merupakan kendaraan masa depan yang ramah lingkungan dan mampu menjawab problem kelangkaan cadangan minyak bumi di masa yang akan datang. Meningkatnya polusi udara terutama semakin tingginya kadar gas emisi karbondioksida di udara yang dihasilkan oleh mobil-mobil berbahan bakar minyak bumi, telah menjadikan mobil listrik yang memiliki tingkat emisi nol (zero emission) sebagai alternatif yang menjanjikan. Tetapi saat ini banyak terdapat kelemahan mobil listrik khususnya di Indonesia. Salah satunya pengisian daya baterai yang dapat dikatakan belum efektif. Pada penelitian ini akan dilakukan rancang bangun fast charging pada sistem pengisian baterai jenis valve regulated lead acid mobil listrik bersumber jala-jala listrik PLN menggunakan frekuensi tinggi yaitu 125KHz dengan penampang kawat tembaga yang digunakan adalah 2.5 mm, tinggi 1.5 cm dan berjumlah 40 lilitan. Hasil penelitian ini menunjukkan efisiensi yang ditimbulkan dalam 2 perbedaan proses pengisian yaitu dengan waktu pengisian normal dapat mengisi dengan waktu 6-7 jam setelah menggunakan metode pengisian cepat dapat mengisi dengan waktu 1-2 jam yang dipengaruhi oleh nilai frekuensi, arus dan tegangan. Pengisian cepat dengan osilasi IC NE555 sebagai pembangkit sinyal frekuensi yang diinginkan dan menahan sinyal frekuensi yang tidak dikehendaki untuk memperkecil pengaruh sinyal gangguan lainnya pada suatu sinyal gangguan lainnya yang dikehendaki, dc ripple tegangan bekerja yaitu dengan menerobos disaat naik dan turun, untuk memonitoring proses pengisian di pasang sensor arus sebagai feedback atau monitoring arus yang digunakan dan sensor tegangan sebagai level tegangan untuk mengetahui berapa daya baterai terakhir dengan proses scan. Diharapkan mampu mempercepat pengisian baterai jenis VRLA, mengurangi tingkat kejenuhan sell baterai dan mengoptimalkan tingkat kepadatan energi listrik pada baterai jenis VRLA. Kata kunci : mobil listrik, fast charging, frekuensi dan baterai jenis VRLA. DESIGN OF FAST CHARGING SYSTEM ON VRLA BATTERY USING HIGH FREQUENCY FOR CAMPUS ELECTRIC CARS Wahyu Arif Setiawan1) Dosen Pembimbing : Ir. Eko Nurcahyo, MT2) , Bima Romadhon Parada Dian Palevi, ST., MT3) 1)Mahasiswa Program Studi Teknik Listrik DIII, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional 2)Program Studi Teknik Listrik DIII, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional 3)Program Studi Teknik Listrik DIII, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Jl. Karanglo Km 2, Tasikmadu, Malang e-mail: wahyuarif1997@gmail.com ABSTRACT Electric cars are future vehicles that are environmentally friendly and able to answer the problem of scarcity of petroleum reserves in the future. The increase in air pollution, especially the higher levels of carbon dioxide emissions in the air produced by petroleum-fueled cars, has made electric cars that have zero emission levels (zero emission) a promising alternative. But currently there are many disadvantages of electric cars, especially in Indonesia. One of them is charging the battery which can be said to be ineffective. In this study, a fast charging design will be carried out on a battery charging system of the valve regulated lead acid type electric car sourced from the PLN electricity grid using a high frequency of 125KHz with a copper wire cross-section used is 2.5 mm, 1.5 cm high and totals 40 turns. The results of this study indicate the efficiency caused in 2 different charging processes, namely the normal charging time can fill in 6-7 hours after using the fast charging method it can fill in 1-2 hours which is influenced by the value of frequency, current and voltage. Fast charging with the IC NE555 oscillation as the desired frequency signal generator and withstand the unwanted frequency signal to minimize the influence of other interference signals on another desired interference signal, the DC ripple voltage works by breaking through when it goes up and down, to monitor the charging process in Install the current sensor as feedback or monitoring the current used and the voltage sensor as the voltage level to find out how much battery power last with the scan process. It is expected to be able to accelerate the charging of VRLA type batteries, reduce the saturation level of battery cells and optimize the level of electrical energy density in VRLA type batteries. Keywords: electric car, fast charging, frequency and VRLA battery.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir)
Additional Information: Wahyu Arif Setiawan (1752016)
Uncontrolled Keywords: electric car, fast charging, frequency and VRLA battery.
Subjects: Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Listrik DIII > Teknik Listrik DIII(Tugas Akhir)
Depositing User: Ms Nunuk Yuli
Date Deposited: 30 Sep 2020 03:00
Last Modified: 30 Sep 2020 03:00
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/5111

Actions (login required)

View Item View Item