STUDI EVALUASI KINERJA LALULINTAS PADA SIMPANG ( STUDI KASUS JALAN GAJAYANA-JALAN SIMPANG GAJAYANA DINOYO )

Syariadi, Frederikus Alvatiano (2021) STUDI EVALUASI KINERJA LALULINTAS PADA SIMPANG ( STUDI KASUS JALAN GAJAYANA-JALAN SIMPANG GAJAYANA DINOYO ). Skripsi thesis, Institut teknologi nasional malang.

[img] Text
1621013_FULL_SKRIPSI - Fidi Syariadi.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Simpang Jalan Gajayana-Jalan Simpang Gajayana Dinoyo pada jam tertentu sering terjadi kemacetan yang tidak efektif terhadap kinerja jalan yang menjadi peranan penting dalam transportasi . Sehingga, perlu adanya kajian terhadap tundaan dan antrian kendaraan pada ruas simpang Jalan Gajayana-Jalan Simpang Gajayana Dinoyo agar bisa memberikan solusi perbaikan terhadap simpang tersebut. Oleh sebab itu dalam study ini dilakukan Study Evaluasi Kinerja Lalulintas Pada Simpang ( Jalan Gajayana-Jalan Simpang Gajayana Dinoyo). Data yang saya gunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil survey langsung dilapangan selama 3 hari pengamatan berupa data geometrik jalan dan data volume lalulintas. Lokasi survey yaitu pada simpang Jalan Gajayana-Jalan Simpang Gajayana Dinoyo.Data sekunder diperoleh dari BPS Kota Malang dan data hasil penelitian terdahulu. Analisa dilakukan terhadap derajat kejenuhan, panjang antrian dan tundaan. Sebagai dasar analisa digunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014. Hasil analisa Jalan Gajayana-Jalan Simpang Gajayana Dinoyo, panjang antrian maksimum sebesar 80,88 m. Nilai tundaan maksimum sebesar 189,45 det/kend dan nilai derajat kejenuhan maksimum sebesar 1,31 atau > 0,85. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja simpang tersebut sudah tidak mampu melayani arus lalu lintas dengan baik. Setelah melakukan analisis perhitungan dengan menggunakan acuan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 dan Vissim 11, maka disimpulkan untuk melakukan perbaikan terhadap simpang dengan pemasangan traffic light atau lampu isyarat lalulitas dengan menggunakan alternatif 2 fase dengan pelebaran pada geometrik pada simpang. Kinerja simpang dengan pemasangan lampu lalulintas ini didapatkan panjang antrian maksimum 13,04 m, dan besar tundaan maksimum 11,392 det/kend, dan nilai derajat kejenuhan makimum sebesar 0,77 < 0,85, atau memenuhi persyaratan dengan tingakat pelayanan B. Sehingga dengan pemasangan lampu lalulintas ini, simpang tersebut diharapkan mampu melayani arus lalulintas dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Simpang,Derajat Kejenuhan,Tundaan,Panjang Antrian,PKJI 2014 dan VISSIM.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Users 48 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2022 01:52
Last Modified: 03 Feb 2022 01:52
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/6608

Actions (login required)

View Item View Item