MAULANA, AKHMAD RAHARDEANS (2020) PENGARUH VARIASI TUMBUKAN PADA CAMPURAN ASPAL HRS-WC DENGAN PENAMBAHAN KARET ALAM (LATEKS). Skripsi thesis, Institut teknologi nasional malang.
Text
1621062_FULL SKRIPSI - Rahardean Maulana.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Peningkatan volume lalu lintas yang sangat pesat dapat mengakibatkan tingkat kerusakan seperti deformasi terhadap lapis permukaan jalan yang disebabkan oleh pengaruh beban lalu lintas yang sangat berlebihan (overload), maka diperlukan kualitas perencanaan campuran perkerasan jalan yang baik. Lateks adalah salah satu jenis karet alam yang mempunyai sifat daya tahan yang tinggi terhadap keretakan, mempunyai daya aus yang tinggi. Meningkatkan mutu campuran aspal dengan penambahan karet alam (Lateks) sebagai zat aditif yang diharapkan bisa meningkatkan karakteristik dari perkerasan jalan. sedangkan untuk penggunaan filler fly ash setiap penambahan kadarnya menghasilkan nilai flow yang semakin rendah, maka dari itu penelitian ini diharapkan menghasilkan campuran perkerasan HRS-WC yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi jumlah tumbukan dan juga kelayakan dari Lateks sebagai bahan tambah, fly ash sebagai filler pada lapisan HRS-WC. Dengan variasi tumbukan 2x65,2x70,2x75,2x80,2x85 Hasil pengujian Pengaruh variasi jumlah tumbukan terhadap karakteristik Marshall yang telah dilakukan menghasilkan nilai yang memenuhi spesifikasi yang telah ditetapkan oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga 2018 meliputi pengujian : uji Penyerapan agregat 2,89% > 3%, Berat Jenis 2,29 gr/cm2 > 2,5 gr/cm.didapatkan nilai stabilitas 946,82kg,nilai flow 3,54 mm,nilai VIM 4,06%,nilai VMA 17,29%,nilai MQ 270,54 kg/mm,nilai VFA 76,39% Sehingga didapatkan jumlah tumbukan optimum 76 tumbukan .Dengan demikian dapat dinyatakan memenuhi persyaratan spesifikasi HRS-WC.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HRS-WC (Hot Rolled Sheet – Wearing Course), Aspal Beton (Lataston), Nilai Karakteristik, Variasi Jumlah Tumbukan. |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi) |
Depositing User: | Users 48 not found. |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 01:52 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 01:52 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/6614 |
Actions (login required)
View Item |