Analisa Risiko Kecelakaan Kerja Proyek Pembangunan Jalur Lintas Selatan Lot 7 Tambak – Serang Kabupaten Blitar Menggunakan Metode FMEA (Failure Mode and Effect Analysis) dan Metode Domino

JALADRI, RIZKY AGUNG (2021) Analisa Risiko Kecelakaan Kerja Proyek Pembangunan Jalur Lintas Selatan Lot 7 Tambak – Serang Kabupaten Blitar Menggunakan Metode FMEA (Failure Mode and Effect Analysis) dan Metode Domino. Skripsi thesis, Institut teknologi nasional malang.

[img] Text
1621067_FULL SKRIPSI - RIZKY AGUNG JALADRI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Risiko merupakan sesuatu yang sangat melekat dalam setiap kegiatan. Potensi risiko pasti juga terjadi pada proyek jalur lintas selatan lot 7 tambak – serang yang merupakan jalur penghubung antar kabupaten di provinsi jawa timur. Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisa risiko – risiko kecelakaan kerja yang paling dominan, dan mengusulkan hasil tindak mitigasi. Penelitian ini menggunakan 2 metode yaitu metode Failure mode and effect analysis (FMEA) untuk mengetahui risiko – risiko apa saja yang paling dominan dan metode domino untuk menganalisa penyebab risiko tersebut. Hasil dari penelitian tugas akhir ini adalah mengetahui risiko kecelakaan kerja yang paling dominan dengan metode FMEA adalah terpapar debu/asap CO2 kendaraan pada pekerjaan persiapan, dump truck terguling menimpa pekerja pada pekerjaan tanah, pekerja tertimpa girder cidera berat/kematian pada pekerjaan struktur, dari hasil risiko yang paling dominan kemudian dianalisi di metode domino pertama terpapar debu/asap CO2 kendaraan masing masing adalah lack of control (terbatasnya pengawasan dari K3 dilapangan), basic cause (kurangnya disiplin, perlengkapan safety tidak digunakan), immediate cause (tidak memakai APD yang bernar, lalu lintas kendaraan material), yang menimbulkan loss (alami luka ringan/sesak nafas). Yang kedua dump truck terguling menimpa pekerja masing – masing adalah lack of controlnya (kurangnya pengendalian kondisi jalan yang sempit) yang sebabkan incident (dump truck terguling menimpa pekerja) menimbulkan loss (pekerja terjepit dump truck hingga mengalami patah tulang). Pekerja tertimpa girder cidera berat/kematian dari failure modenya erectiom girder tidak sesuai prosedur, basic cause (kurangnya pengalaman, peralatan/perlengkapan tidak memadai). Disimpulkan bahwa dari analisa risiko terdapat dua puluh tujuh risiko diambil satu risiko yang paling dominan pada setiap item pekerjaan pada proyek pembangunan Jalur Lintas Selatan Lot 7 Tambak – Serang Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan Kerja, analisa risiko, risiko dominan
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Users 48 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2022 01:56
Last Modified: 03 Feb 2022 01:56
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/6644

Actions (login required)

View Item View Item