MARISON, OKTOVIANI (2016) GLOBAL WALKABILITY INDEX PADA PUSAT PELAYANAN KOTA MALANG. Skripsi thesis, itn malang.
Text
skripsi oktaviani.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Berjalan kaki merupakan salah satu cara yang paling cepat untuk menyelesaikan perjalanan pendek di daerah perkotaan. Baik berjalan secara individu, berkelompok maupun berpasangan. Kemampuan berjalan kaki atau yang sering di sebut walkability,saat ini menjadi salah satu barometer untuk mengukur kualitas lingkungan kawasan perkotaan. Sebagai pusat pelayanan kota Malang, kawasan alun-alun dan sekitarnya menjadi kawasan yang banyak dilalui maupun dikunjungi oleh masyarakat baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun hanya sebatas jalan-jalan. Dengan demikian harusnya memiliki jalur perjalanan yang baik yang mana mempermudah pejalan kaki menuju lokasi satu dengan lokasi lain tentunya dengan jarak tempuh yang singkat, yang tidak terhalang dengan Pedagang yang berjualan di jalur Pejalan kaki, parkir sembarangan dan memiliki fasilitas yang lengkap untuk berjalan kaki. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui seberapa ramah dan mengetahui skor pusat pelayanan kota malang untuk berjalan kaki dengan menganalisis walkability index dan juga meninjau tingkat pelayananan pejalan kaki. Keramahan suatu kawasan atau kota untuk berjalan diketahui melalui nilai maupun score dengan skala 0-100 dan penilaian 1-5 untuk masingmasing variabel amatan, dalam penelitian ini menggunakan Global Walkability Index yang di kemukankan oleh Holly Virginia Kreambeeck untuk mengetahui skor atau index pada pusat pelayanan Kota Malang. Hasil perhitungan analisa perjalan kaki berdasarkan Tingkat pelayanan Pejalan kaki (LOS) pada Pusat pelayanan Kota Malang diperoleh standar LOS A, seharusnya tidak terdapat konflik, namun faktanya dilokasi penelitian terdapat konflik antara pejalan kaki dengan pedagang kaki lima, maupun hambatan sehingga ini mempengaruhi hasil akhir dari tingkat pelayanan pejalan kaki, yang berdasarkan perhitungan memperoleh LOS A menjadi LOS B dimana pada tingkat pelayanan ini, pejalan kaki bebas memilih kecepatan, tetapi terjadi sedikit konflik, yang menyebabkan pejalan kaki harus memilih alur serta untuk hasil Analisa Global Walkability index pada pusat Pelayanan Kota Malang di peroleh walkability Score 37,4 dengan kriteria sedikit fasilitas yang dapat di jangkau dengan berjalan kaki.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Walkability, Tingkat Pelayanan, Pejalan Kaki |
Subjects: | Engineering > Area Planing Engineering (PWK) |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi) |
Depositing User: | Mr Planologi planologi |
Date Deposited: | 29 Jan 2019 00:57 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 01:56 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/682 |
Actions (login required)
View Item |