EVALUASI KINERJA SISTEM DRAINASE DI KOTA NGANJUK

Boru, Destry Rohmurni (2022) EVALUASI KINERJA SISTEM DRAINASE DI KOTA NGANJUK. Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG.

[img] Text
1521253_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
1521253_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (542kB)
[img] Text
1521253_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (753kB) | Request a copy
[img] Text
1521253_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text
1521253_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
1521253_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
1521253_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (203kB)
[img] Text
1521253_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
1521253_JURNAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (578kB)

Abstract

Drainase kota merupakan jaringan pembuangan yang digunakan untuk mengeringkan bagian-bagian wilayah administrasi kota dan daerah urban dari genangan air, baik dari hujan lokal maupun sungai. Pertumbuhan dan kepadatan penduduk yang cepat menimbulkan tekanan terhadap saluran drainase eksisting, hal tersebut mengakibatkan rendahnya kemampuan drainase perkotaan dan kapasitas sarana pengendali banjir.Masalah saluran drainase di Kota Nganjuk terjadi karena konektivitas saluran drainase yang terputus maupun rusak, sehingga limpasan air hujan mengalami kendala dalam pembuangannya dan mengakibatkan genangan - genangan disekitar saluran. Adapun daerah yang tidak memiliki saluran drainase seperti ditambah lagi curah hujan dengan intensitas tinggi yang sering kali terjadi menambah potensi terjadinya banjir di Kota Nganjuk. Tujuan penelitian ini adalah mencari kapasitas saluran drainase menggunakan analisis perhitungan debit banjir rancangan dengan data debit air kotor dan debit banjir untuk mendapat perbandingan antara debit air dengan kapasitas saluran drainase. Metode pengelolaan data menggunakan metode Polygon Thiessen untuk menemukan curah hujan rerata daerah dan untuk menentukan curah hujan rancangan ditentukan terlebih dahulu analisis koefisien agar pemilihan metode curah hujan menjadi efektif. Sedangkan untuk pengujian distribusi frekuensi dilakukan pengujian Smirnov Kolmogrof. Hasil penelitian adalah saluran eksisting menunjukan bahwa 85% kapasitas saluran memenuhi syarat. Secara umum permasalahan yang terjadi pada ruas saluran yang terjadi genangan yang disebabkan ketidakmampuan saluran dalam menampung debit limpasan dikarenakan beberapa faktor yaitu: 1)Kapasitas saluran yang terlalu kecil untuk menampung debit limpasan hujan 2)Terjadi perubahan dimensi penampang yang disebabkan oleh sedimentasi sehingga dapat mengurangi kapasitas tampungan saluran, 3)Terjadinya penyumbatan saluran oleh sampah yang menyebabkan aliran terhambat mengalir ke hilir dan meluap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Destry Rohmurni Boru (1521253)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Drainase, Kota Naganjuk, Potensi Banjir.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Users 420 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2022 01:17
Last Modified: 06 Sep 2022 01:17
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/7792

Actions (login required)

View Item View Item