SIGNIFIKANSI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN LOKASI PERDAGANGAN DAN JASA PARIWISATA STUDI KASUS KOTA BATU

Rohidapi, Bayu (2015) SIGNIFIKANSI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN LOKASI PERDAGANGAN DAN JASA PARIWISATA STUDI KASUS KOTA BATU. Skripsi thesis, itn malang.

[img] Text
skripsi bayu.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Lokasi adalah salah satu factor penentu kesuksesan suatu usaha baik itu manufaktur, pedagangan dan jasa. Para ahli ekonomi dan geografi memiliki sudut pandang yang berbeda dimana mereka melihat setiap sisi dari segi ilmu yang mereka fokuskan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan August Losch (1940), Christaller (1993), Williem J. Reily (1906), Greenhut, ML (1956) dan Johan Heinrich Vontunen (1842) dengan variable social (jumlah konsumen, Jumlah penduduk merata dan melayani masyarakat kecil), ekonomi (biaya persiapan lokasi, jumlah permintaan dan membutuhkan barang dan jasa) dan spasial (topografi datar dan Infrastruktur lengkap). Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah seperti apakah karakteristik perdagangan dan jasa pariwisata kota Batu, Faktor-faktor apa saja yang signifikan dalam mempengaruhi pemilihan lokasi terhadap kesuksesan usaha perdagangan dan jasa pariwisata dan bagaimana preferensi pemilik dalam memilih lokasi dan preferensi konsumen dalam menentukan lokasi berbelanja. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui factor-faktor yang paling mempengaruhi atau signifikan dalam pemilihan lokasi perdagangan dan jasa pariwisata di kota Batu baik itu dari sudut pandang peneliti dan preferensi pemilik itu sendiri. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriftip kualitatif, regresi linier berganda dan wawancara mendalam. Dengan metode pengumpulan data primer melalui survey, wawancara dan observasi sedangkan untuk data skunder dilakukan wawancara. Proses pengumpulan data dengan pengujian validitas data dan uji asumsi klasik selanjutnya akan dilakukan regresi linier berganda sehingga akan ditemukan factor-faktor yang mempengaruhi pemilihan lokasi terhadap kesuksesan perdagangan dan jasa pariwisata dan preferensi pemilik dan konsumen. Berdasarkan dari pemilihan teori, survey primer, skunder, tabulasi data, uji validitas, realibilitas dan regresi linier berganda sehingga didapatkan 2 faktor yang paling signifikan dalam mempengaruhi pemilihan lokasi terhadap kesuksesan usaha perdagangan dan jasa pariwisata yaitu variabel sosial dengan nilai beta 0,420 dan variabel ekonomi 0,268.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesuksesan Usaha, Sosial, Ekonomi dan Spasial
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: Susanti Nilasari
Date Deposited: 31 Jan 2019 00:54
Last Modified: 06 Mar 2019 03:40
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/795

Actions (login required)

View Item View Item