MEDIA PEMBELAJARAN TOKOH PEWAYANGAN JAWA PANDA DAN PUNAKAWAN BERBASIS MULTIMEDIA

Luthfi, Muchtar (2014) MEDIA PEMBELAJARAN TOKOH PEWAYANGAN JAWA PANDA DAN PUNAKAWAN BERBASIS MULTIMEDIA. Skripsi thesis, ITN malang.

[img] Text
0918118.pdf

Download (12MB)

Abstract

Wayang merupakan sebuah kesenian tradisional Jawa yang kaya akan pesan pendia dan nilai moral serta spiritual dalam kehidupan Wayang yang biasanya menjadi hiburan masyarakat juga dapat digunakan sebagal media pembelajaran bagi anak-anak Penga nilai-nilai budi pekerti dalam bermasyarakat melalui pagelaran wayang yang dikemas de menyuguhkan tokoh-tokoh wayang sebagai gambaran kehidupan nyata dalam bermasyan Ini dapat menjadi perwujudan dari penanaman pendidikan karakter bagi anak yang nana menjadi generasi muda penerus bangsa. Selain itu, dengan penggunaan wayang sebagai m pembelajaran kita juga dapat melestarikan kebudayaan bangsa yang kini semakin ban ditinggalkan karena perkembangan budaya asing yang masuk di Indonesia dan seom canggihnya teknologi informasi dan komunikasi. Kesenian wayang kulit berasal dari daerah Jawa. Wayang merupakan sebuah model a klasan dalam kehidupan manusia. Wayang juga disebut sebagai bahasa simbol yang la bersifat rohaniah daripada jasmaniah Jika orang melihat pagelaran wayang, yang dilihat bukan jenis-jenis atau gambar-gambar wayangnya saja, tetapi lebih kepada cerita-ce yang tersirat dalam pewayangan tersebut. Dari hasil pengujian yang dilakukan meliputi pengujian menu aplikasi, pengu aplikasi dan pengujian terhadap user didapatkan kesimpulan bahwa pengujian menu berha dengan baik. Dari hasil pengujian aplikasi dengan menggunakan 5 Flash yang berbeda seba materi penguji, dapat berhasil disemua flash Player. Sehingga prosentase kelulusan fl playertersebut mencapai 100%. Dari hasil pengujian terhadap user, pengujian pertama ye menyatakan bahwa 80% user menyatakan Aplikasi ini mudah digunakan dan pengujian keem menyatakan bahwa 90% user dapat menagkap materi dan mengikuti pelatihan dalam mew pembelajaran tersebut. Sehingga media pengenalan tokoh pewayangan mudah diterima a dipahami masyarakat umum

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tokoh wayang punakawan dan peradana sebagai media pendidikan
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: haning haning
Date Deposited: 19 May 2022 02:35
Last Modified: 19 May 2022 02:35
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/7954

Actions (login required)

View Item View Item