Rubian, Louisa Corince (2010) Evaluasi Biaya Operasional Kendaraan Dan Tarif Angkutan Di Kota Kupang Nusa Tenggara Timur. Skripsi thesis, itn malang.
Text
0421002.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (19MB) |
Abstract
Agar terciptanya pelayanan sistem transportasi yang lebih aman, nyaman dan teratur di Kota Kupang khususnya angkutan kota, perlu diadakan evaluasi kinerja angkutan kota yang melibatkan semua pihak baik itu regulator, pemilik angkutan, atau sopir dan pengguna jasa itu sendiri. Kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) tahun 2008 menyebabkan tingginya tarif angkutan kota yaitu Rp 2.000 dari tarif sebelumnya Rp 1.000. evaluasi Biaya Operasional Kendaraan angkutan di Kota Kupang ini bertujuan untuk meninjau kembali kinerja yang sudah ada dan untuk mendapatkan tarif angkutan yang wajar di Kota Kupang. Metode survey yang digunakan dalam studi evaluasi ini yaitu metode survey dinamis dan survey statis dengan ketentuan evaluasi yang digunakan mengacu pada Peraturan Dirjen Perhubungan Darat 2002. Metode dinamis yaitu metode pengambilan data-data di lapangan dengan cara mencatat penumpang yang naik dan turun dari sebuah kendaraan yang dilakukan selama 4 hari yaitu hari Senin 8 Juni 2009, Selasa 9 Juni 2009, Rabu 10 Juni 2009, dan Kamis 11 Juni 2009. Pada angkutan umum Trayek 2. Trayek 5 dan Trayek 7. Tarif yang berlaku saat ini dievaluasi berdasarkan tarif dengan Load faktor standart (70%). Dari hasil evaluasi kinerja studi pelayanan didapati nilai faktor muat per rit untuk trayek 2 rute Terminal Kota Kupang-Pertigaan Oepura sebesar 75.58%, sedangkan rute Pertigaan Oepura-Terminal Kota Kupang 80.90%. Untuk trayek 5 rute Terminal Kota Kupang-Pertigaan Oepura sebesar 80.90%, sedangkan rute Pertigaan Oepura-Terminal Kota Kupang 77.78%. Dan untuk trayek 7 rute Terminal Walikota-Pertigaan Oepura sebesar 79.86% dan rute Pertigaan Oepura- Terminal Walikota 83.45%. untuk nilai. Headway pada. untuk trayek 2 adalah 2.18 menit dan pada trayek 5 sebesar 2.92 menit, sedangkan pada trayek 7 yaitu 4.87 menit sehingga masih dalam headway puncak yaitu 2-5 menit. Untuk nilai frekuensi tertinggi adalah pada trayek 2 yaitu 35 kend/jam dan terendah terjadi pada trayek 7 yaitu 17 kend/jam. Tarif yang berlaku saat ini Rp 2.000 jika menggunakan LF 70% masih lebih tinggi yaitu Rp 1.902,94 untuk trayek 2 dan Trayek 7 sebesar Rp 1.978,65. Sedangkan untuk trayek 5 masih berada diatas LF 70% yaitu Rp 2.079,33
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Load Faktor, Headway, Frekuensi, Tarif |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi) |
Depositing User: | Untuk Mahasiswa itn Malang |
Date Deposited: | 15 May 2023 03:26 |
Last Modified: | 15 May 2023 03:26 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/9807 |
Actions (login required)
View Item |