TAUKHIDDIYAH, AL FIKRI (2021) EVALUASI KERUSAKAN PERKERASAN JALAN DAN RENCANA PERBAIKANNYA RUAS JALAN NGAMPON - BENDO KABUPATEN TRENGGALEK. Skripsi thesis, ITN MALANG.
Abstract
Jalan merupakan salah satu infrastruktur yang penting untuk menghubungkan satu wilayah dengan wilayah lain. Semakin meningkatnya pengguna jalan maka kualitas jalan akan mengalami penurunan. Penurunan kualitas jalan dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan jalan. Kerusakan jalan dapat dilihat secara langsung pada permukaan jalan baik kerusakan structural maupun kerusakan fungsionalnya. Jenis kerusakan pada permukaan jalan berupa lubang, penurunan, tambalan dan retak- retak permukaan. Penilaian kondisi kerusakan jalan menggunakan metode Bina Marga. Dengan menggunakan sistem 2 metode yaitu Metode SDI (Surface Distress Index) dan IRI (International Roughness Index). Metode SDI (Surfaces Distress Index) adalah metode penilaian kerusakan jalan berdasarkan pengamatan langsung secara visual terhadap kerusakan jalan yang terjadi di lapangan. Sedangkan metode IRI (International Roughness Index) merupakan metode yang digunakan untuk menentukan ketidakrataan permukaan jalan. Nilai IRI (International Roughness Index) didapatkan dari pengamatan visual secara langsung dilapangan dengan menggunakan metode RCI (Road Condition Index) yang kemudian nilainya dikonversikan untuk memperoleh nilai IRI (International Roughness Index) yang sesuai. Setelah dianalisis dengan menggunakan metode SDI (Surface Distress Index) dan metode IRI (International Roughness Index) didapatkan hasil kondisi jalan dan jenis penanganannya. Pada ruas jalan Ngampon - Bendo pada STA 0+000 – 1+000, STA 1+600 – 4+400 dan STA 4+800 – 5+200 kondisi jalan sedang dan jenis penanganan berupa pemeliharaan rutin, dan pada STA 0+200 - 0+400, 1+400 - 1+600 , 2+200 - 2+600, 3+400- 4+000, 4+200-4+400, 4+600 - 4+800, 5+200- 5+600 menunjukkan kondisi jalan Rusak Ringan dan dilakukan penanganan berupa Pemeliharaan Berkala. Untuk pemeliharaan berkala dilakukan lapis tambah (overlay) untuk mendapatkan lapis tambah menggunakan data lalu lintas harian dan dengan pengujian lendutan menggunakan alat Benkleman Beam hasil analisa tebal lapis tambah (Overlay) sebesar 4 cm dan total rencana anggaran biaya untuk penangan perbaikan kerusakan pada ruas jalan Ngampon-Bendo tersebut adalah sebesar Rp. 2.484.650.000. Kata Kunci : Kerusakan Jalan, Perbaikan, SDI, IRI, RAB
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | AL FIKRI TAUKHIDDIYAH (1821079) |
Uncontrolled Keywords: | Kerusakan Jalan, Perbaikan, SDI, IRI, RAB |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi) |
Depositing User: | Users 1256 not found. |
Date Deposited: | 25 May 2023 05:29 |
Last Modified: | 25 May 2023 05:29 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11930 |
Actions (login required)
View Item |