ANALISIS AERODINAMIS PADA MOTOR TRAIL MENGGUNAKAN METODE KOMPUTASI FLUIDA DINAMIS

Willynata, Alvin (2023) ANALISIS AERODINAMIS PADA MOTOR TRAIL MENGGUNAKAN METODE KOMPUTASI FLUIDA DINAMIS. Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG.

[img] Text
Bagian Awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (112kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (38kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Jurnal Alvin W_1911102.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Motor trail adalah jenis sepeda motor yang dirancang untuk berkendara di berbagai medan, termasuk medan berat seperti pegunungan, hutan, dan tanah berlumpur. Dalam desain motor trail peran aerodinamika ini sangat penting, aerodinamika pada motor trail mengacu pada cara motor berinteraksi dengan udara ketika bergerak di berbagai medan dan kondisi. Pada penelitian ini perancangan dan analisis aerodinamika bodi motor trail beserta pengendara menggunakan variasi kecepatan kendaraan 20 km/h hingga 60 km/h. Dalam penelitian ini, tahap pengumpulan data dilakukan menggunakan software Ansys Fluent. Simulasi bodi motor trail beserta pengendara menggunakan software Ansys Fluent dengan variasi kecepatan 20 km/h, 30 km/h, 40 km/h, 50 km/h, 60 km/h dengan parameter yang sudah dikonfigurasi. Hasil simulasi menunjukkan bahwa pada kecepatan 20 km/h, coefficient of drag yang dihasilkan pada bodi kendaraan sebesar 0,553 dengan drag force sebesar 4,236 N dan pada kecepatan 60 km/h, coefficient of drag yang dihasilkan sebesar 0,551, dan drag force sebesar 37,868 N. Pola aliran fluida yang didapat dari simulasi adalah Velocity Speed, Contour Speed, dan Pathline Speed.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Alvin Willynata (1911102)
Uncontrolled Keywords: Aerodinamis, ANSYS Fluent, Koefisien Drag, Komputasi Fluida Dinamis, Motor Trail
Subjects: Engineering > Mechanical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin S1 > Teknik Mesin S1(Skripsi)
Depositing User: Willynata Alvin
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:52
Last Modified: 11 Sep 2023 03:52
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12896

Actions (login required)

View Item View Item