Chaniago, Alfin (2023) ANALISA KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) DAN SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) PADA JALAN NASIONAL RUAS KOTA WLINGI – KABUPATEN MALANG KM 135+478 SAMPAI KM 139+478. Skripsi thesis, ITN MALANG.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (323kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (23MB) | Request a copy |
|
Text
Jurnal.pdf Download (522kB) |
Abstract
Seiring berjalannya waktu, jalan akan mengalami penurunan tingkat pelayanan. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab menurunnya kualitas jalan, seperti beban lalu lintas berlebihan (Overload), faktor cuaca dan kualitas aspal yang buruk salah satunya yaitu jalan Nasional yang ada di Jawa Timur khususnya pada jalan ruas Kota Wlingi – Kabupaten Malang yang merupakan jalan penghubung antara kota Malang dan kota Blitar. Oleh karena itu, Untuk dapat menjaga kondisi jalan tetap pada tingkat pelayanan yang diinginkan dibutuhkan metode analisa kerusakan jalan yang tepat. Dua metode diantaranya yaitu Metode IRI (International Roughness Index) dan Metode SDI (Surface Distress Index). Hasil dari kedua metode ini nantinya akan menentukan rencana anggaran biaya (RAB) maupun jenis pemeliharaan jalan dan solusi penanganan berdasarkan jenis dan tingkat kerusakan yang terjadi pada daerah yang ditinjau. Nilai SDI diperoleh dengan cara survei langsung di lapangan dengan mencatat data kerusakan jalan meliputi data panjang, lebar, luasan serta kedalaman dari tiap-tiap jenis dan tingkat kerusakan yang terjadi. Sedangan metode IRI merupakan metode yang digunakan untuk menentukan tingkat ketidakrataan permukaan jalan. Nilai IRI diperoleh dengan menggunakan survei secara visual dengan menggunakan Metode RCI (Road Condition Index). Setelah dianalisis dengan menggunakan metode SDI (Surface Distress Index) dan metode IRI (International Roughness Index) didapatkan penanganan pada STA 0+400 – 3+600 berupa Pemeliharaan Rutin, pada STA 0+200 – 0+600 dan STA 3+600 – 4+000 dilakukan penanganan berupa Pemeliharaan Berkala, pada STA 0+000 - 0+200 dilakukan penanganan berupa Peningkatan. Total rencana anggaran biaya yang didapatkan untuk penangan perbaikan kerusakan pada Jalan Nasional ruas Kota Wlingi – Kabupaten malang tersebut adalah sebesar Rp.1.026.931.610,777
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Alfin Chaniago (1821188) |
Uncontrolled Keywords: | Kerusakan Jalan, Metode IRI dan SDI, RAB |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi) |
Depositing User: | Alfin Chaniago |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 00:35 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 00:35 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/13547 |
Actions (login required)
View Item |