PENGARUH PIPA GALVANIS DAN CATALYTIC CONVERTER TEMBAGA TERHADAP EMISI GAS KARBONMONOKSIDA DAN HIDROKARBON

SETIAWAN, I MADE DHARMA (2024) PENGARUH PIPA GALVANIS DAN CATALYTIC CONVERTER TEMBAGA TERHADAP EMISI GAS KARBONMONOKSIDA DAN HIDROKARBON. Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG.

[img] Text
2211901_Cover.pdf

Download (611kB)
[img] Text
2211901_BAB I.pdf

Download (24kB)
[img] Text
2211901_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text
2211901_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
2211901_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
2211901_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text
2211901_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] Text
2211901_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kendaraan bermotor yang digunakan dapat mengeluarkan berbagai polutan seperti nitrogen oksida (NOx), karbonmonoksida (CO), timbal (Pb), dan hidrokarbon (HC). Salah satu cara yang mampu mengurangi emisi gas buang ialah dengan memasang catalytic converter pada pipa knalpot kendaraan bermotor. Catalytic converter memiliki fungsi terjadinya percepatan oksidasi emisi gas (HC) dan (CO). Penelitian ini bertujuan guna mendapatkan informasi tentang pengaruh pipa galvanis dan catalytic converter tembaga tentang kadar emisi gas karbonmonoksida dan hidrokarbon. Penelitian ini dilakukan di UPT PKB Dinas Perhubungan Kabupaten Malang. Variabel penetilitianya adalah knalpot standar, knalpot dengan penambahan pipa galvanis dan 10 plat katalis tembaga dan knalpot dengan penambahan pipa galvanis dan 15 plat katalis tembaga. Pengujian emisi gas buang didasarkan pada standar (Standar Nasional Indonesia 19-7118.3-2005). Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil pengujian emisi menunjukan penurunan yang signifikan, dengan penurunan persentase CO sebesar 51% pada putaran 4000 rpm menggunakan 15 plat katalis, dan penurunan persentase HC sebesar 36% pada putaran 4000 rpm menggunakan 15 plat katalis. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan material pipa galvanis dan plat tembaga yang ditempatkan pada pipa saluran gas buang, mampu mereduksi kadar emisi CO maksimal sebesar 51 % dan kadar HC maksimal sebesar 36%. apabila dibandingkan dengan mengunakan knalpot standar Kata kunci : Catalytic Converter, Uji Emisi, Kadar CO dan HC

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Mechanical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin S1 > Teknik Mesin S1(Skripsi)
Depositing User: I Made Dharma Setiawan
Date Deposited: 16 Sep 2025 06:39
Last Modified: 16 Sep 2025 06:39
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14033

Actions (login required)

View Item View Item