Anugerah, Chandra Dwi (2024) E-Sportainment Arena Di Balikpapan. Skripsi thesis, ITN MALANG.
This is the latest version of this item.
Text
2222910_BAGIAN AWAL.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
2222910_BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
2222910_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
|
Text
2222910_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (434kB) |
|
Text
2222910_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
|
Text
2222910_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
|
Text
2222910_BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (8MB) |
|
Text
2222910_DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (175kB) |
|
Text
2222910_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (39MB) |
Abstract
E-Sportainment Arena muncul sebagai inisiatif penting dari Indonesia E-Sports Association (IeSPA) untuk menjadikan Indonesia sebagai kekuatan utama dalam industri E-Sports. Sebagai asosiasi yang diakui pemerintah, IeSPA secara aktif mempromosikan pertumbuhan komunitas E-Sports dan berpartisipasi secara global dalam pengembangan E-Sports. Meskipun telah menjadi tuan rumah E-Sports World Championship 2016, Indonesia menghadapi kritik terkait tantangan teknis dan kurangnya fasilitas yang memadai, mendorong kebutuhan akan fasilitas yang lebih baik. Balikpapan, yang terkenal sebagai salah satu kota gaming terbaik di Kalimantan Timur, dipilih sebagai lokasi perancangan E-Sportainment Arena. Selain menjadi tempat kompetisi E-Sports, arena ini diharapkan berfungsi sebagai pusat serbaguna untuk berbagai kegiatan hiburan, termasuk konser, pameran, dan acara resmi, untuk memastikan keberlanjutan kegiatan yang beragam. Federasi Esports Kalimantan Timur (ESI) mendukung proyek ini, mengakui Balikpapan sebagai pelopor yang melibatkan praktisi game dalam manajemen E-Sports. Keberhasilan kota ini dalam menyelenggarakan turnamen E-Sports menunjukkan potensinya untuk mengembangkan bakat lokal E-Sports. E-Sportainment Arena dirancang untuk memenuhi kebutuhan komprehensif para e-Athlete, menyediakan ruang untuk penyebaran informasi, pelatihan, dan penyelenggaraan kompetisi nasional dan internasional. Penerapan prinsip arsitektur high-tech dalam desain arena bertujuan untuk mengoptimalkan efisiensi dalam berbagai aktivitas manusia. Ini termasuk penggunaan bahan bangunan yang fungsional dan estetis untuk mengatasi tantangan kontemporer dalam infrastruktur E-Sports. Implementasi arsitektur high-tech memastikan bahwa E-Sportainment Arena berfungsi sebagai ruang yang canggih dan dapat disesuaikan, tidak hanya memfasilitasi kegiatan E-Sports tetapi juga dapat mengakomodasi berbagai acara. Pendekatan ini sesuai dengan tujuan utama menciptakan fasilitas serbaguna dan mutakhir di Balikpapan. Perancangan Arena ini tidak hanya mengatasi tantangan yang ada dalam lingkup E-Sports Indonesia tetapi juga menempatkan Balikpapan sebagai destinasi yang dinamis dan inovatif, menarik perhatian baik dari tingkat lokal maupun internasional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Chandra Dwi Anugerah (2222910) |
Uncontrolled Keywords: | E-Sportainment Arena, Industri E-Sport, Hiburan, Komunitas Game, ARsitektur High-Tech |
Subjects: | Engineering > Architectural Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Arsitektur S1 > Teknik Arsitektur S1(Skripsi) |
Depositing User: | Chandra Dwi Anugerah |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 02:13 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 02:13 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14225 |
Available Versions of this Item
- E-Sportainment Arena Di Balikpapan. (deposited 23 Feb 2024 02:13) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |