Pengaruh Brand Awareness terhadap Consumer Loyalty serta Visualisasi Dashboard Business Analyst Produk X di Kabupaten Malang

Kurnia, Ananda Salwaa (2025) Pengaruh Brand Awareness terhadap Consumer Loyalty serta Visualisasi Dashboard Business Analyst Produk X di Kabupaten Malang. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
2119003_BAGIAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (591kB)
[img] Text
2119003_BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (354kB)
[img] Text
2119003_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text
2119003_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text
2119003_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
2119003_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text
2119003_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (173kB)
[img] Text
2119003_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Persaingan yang semakin ketat dalam industri jamu herbal di Indonesia menuntut perusahaan untuk mempertahankan loyalitas konsumennya melalui penguatan brand awareness. Salah satu produk unggulan yang memiliki dominasi pasar adalah produk X dari PT XYZ. Meskipun brand awareness produk X sudah kuat, dinamika pasar tetap menjadi tantangan yang dapat memengaruhi loyalitas konsumen. Dengan begitu, penelitian ini dilaksanakan guna mengkaji apakah brand awareness masih berpengaruh terhadap consumer loyalty, khususnya di wilayah Kabupaten Malang. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif melalui metode survei terhadap 100 responden yang telah mengonsumsi Produk X minimal dua kali. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana melalui SPSS guna mengukur hubungan antara variabel brand awareness dan consumer loyalty. Selain itu, hasil analisis divisualisasikan dalam bentuk dashboard business analyst menggunakan Microsoft Power BI untuk memahami pola konsumsi dan preferensi konsumen secara lebih interaktif. Hasilnya memperlihatkan bahwa brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap consumer loyalty produk X dari PT XYZ. Visualisasi dashboard melalui Power BI menampilkan bahwa dimensi brand awareness yang paling dominan adalah brand recognition, sedangkan pada consumer loyalty, repurchase intention menjadi indikator tertinggi. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun banyak konsumen baru mengenali merek ketika melihat atau mendengarnya, mereka sudah memiliki niat membeli ulang. Pola ini menegaskan bahwa repurchase intention dapat menjadi penguat dalam mendorong konsumen naik ke tingkat brand recall atau bahkan top of mind. Dengan demikian, dashboard tidak hanya menyajikan data secara visual, tetapi juga memberikan gambaran hubungan yang strategis antara tingkat kesadaran merek dengan loyalitas konsumen secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ananda Salwaa Kurnia (2119003)
Uncontrolled Keywords: Brand Awarenss, Consumer Loyalty, Visualisasi Data, Dashboard Analyst
Subjects: Engineering > Digital Business Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Bisnis Digital S1 > Bisnis Digital S1(Skripsi)
Depositing User: ANANDA SALWAA KURNIA
Date Deposited: 19 Aug 2025 06:58
Last Modified: 19 Aug 2025 06:58
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14798

Actions (login required)

View Item View Item