PENERAPAN METODE K-MEANS DALAM PENGELOMPOKAN PELANGGAN PADA TOKO PERCETAKAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS TOKO AMANDA KOMPUTER SUMENEP)

Arvin Manda Aradhana, Mohammad (2025) PENERAPAN METODE K-MEANS DALAM PENGELOMPOKAN PELANGGAN PADA TOKO PERCETAKAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS TOKO AMANDA KOMPUTER SUMENEP). Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
2118029_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (976kB)
[img] Text
2118029_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (36kB)
[img] Text
2118029_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text
2118029_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (825kB) | Request a copy
[img] Text
2118029_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
2118029_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text
2118029_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (664kB)
[img] Text
2118029_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Toko Amanda Komputer merupakan usaha percetakan yang telah beroperasi sejak 2010, namun pengelolaan data pelanggan masih dilakukan secara manual. Hal ini menimbulkan berbagai permasalahan, seperti kesalahan pencatatan data pelanggan, kesulitan dalam menganalisis pola pembelian, serta hambatan dalam merancang strategi promosi yang tepat sasaran. Pemberian diskon sering tidak sesuai dengan loyalitas pelanggan karena data yang dimiliki belum diolah secara optimal oleh sistem yang dapat mengelompokkan pelanggan berdasarkan cluster dan diskon yang sesuai. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini merancang sistem pengelompokan pelanggan menggunakan metode K-Means Clustering. Metode ini mengelompokkan pelanggan berdasarkan frekuensi total transaksi dan jumlah pengeluaran menjadi tiga kelompok, yaitu gold, silver, dan bronze. Pengelompokan ini membantu toko dalam memberikan diskon yang lebih adil dan relevan sesuai kategori pelanggan yang diperoleh dari hasil clustering. Hasil implementasi menunjukkan bahwa sistem dapat mengidentifikasi pelanggan dengan lebih akurat berdasarkan frekuensi transaksi dan jumlah pengeluaran, serta menetapkan diskon sesuai cluster yang diperoleh. Dengan demikian, penerapan sistem pengelompokan menggunakan metode K-Means Clustering ini mendukung Toko Amanda Komputer dalam meningkatkan efisiensi pengelolaan data pelanggan, membantu perencanaan promosi seperti diskon, serta meningkatkan jumlah pembelian oleh pelanggan secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mohammad Arvin Manda Aradhana (2118029)
Uncontrolled Keywords: Data mining, clustering k-means, website penjualan
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Mohammad Arvin Manda Aradhana
Date Deposited: 19 Aug 2025 05:45
Last Modified: 19 Aug 2025 05:45
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14808

Actions (login required)

View Item View Item