Mahardika, Krishna (2024) Perancangan Sistem Charging Baterai Pada Mobil Listrik. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
Text
2012020_BAGIAN AWAL.pdf Download (685kB) |
|
Text
2012020_BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (102kB) |
|
Text
2012020_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (216kB) | Request a copy |
|
Text
2012020_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (292kB) | Request a copy |
|
Text
2012020_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (635kB) | Request a copy |
|
Text
2012020_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (34kB) | Request a copy |
|
Text
2012020_DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (93kB) |
|
Text
2012020_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kendaraan telah menjadi elemen penting dalam memfasilitasi mobilitas masyarakat, mendukung pergerakan dan aktivitas kehidupan. Meningkatnya penggunaan kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar fosil berpotensi memicu krisis energi dan menghasilkan dampak negatif terutama dalam bentuk polusi udara. Baterai berfungsi untuk mencakup penyediaan arus listrik untuk menyalakan sistem starter guna menghidupkan mesin, serta memberikan daya pada lampu-lampu dan komponen kelistrikan lainnya. Perancangan sistem pengisian baterai mobil listrik yang memiliki fitur otomatis untuk menghentikan aliran arus saat baterai telah mencapai kapasitas penuh. Implementasi sistem pengisian baterai yang dilengkapi dengan mekanisme otomatis untuk menghentikan aliran arus secara tepat waktu guna meningkatkan umur pakai baterai dan mencegah kerusakan yang berlebihan.Sistem ini dirancang agar pengisian baterai mobil listrik berhenti secara otomatis ketika baterai sudah terisi penuh, sehingga arus listrik tidak terus dialirkan ke baterai. Hal ini bertujuan untuk mencegah overcharging dan menghindari pemborosan energi. Perbandingan pengujian pertama mode normal charge dengan pengujian pertama mode fast charge dengan tegangan awal kedua mode tersebut sama sebesar 25.25 V, hasil yang didapat durasi pengisian hingga penuh dengan mode normal charge selama 80 menit dengan tegangan akhir 27.45 V sedangkan dengan mode fast charge durasi pengisian hingga penuh hanya memerlukan durasi selama 50 menit dengan tegangan akhir 27.55V. Kata kunci : Kendaraan , Mobil Listrik , Baterai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | I Made Krishna Mahardika Hermawan (2012020) |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Kendaraan , Mobil Listrik , Baterai. |
Subjects: | Engineering > Electrical Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro S1 > Teknik Elektro S1(Skripsi) |
Depositing User: | I Made Krishna Mahardika Hermawan |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 05:36 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 05:36 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15199 |
Actions (login required)
View Item |