Oki Prastyo, Riyo (2019) Perencanaan Aerodinamik dan Keseimbangan (Bentuk Lambung) Kapal Cepat Fuel Engine Remote Control. Diploma thesis, ITN MALANG.
Abstract
Riyo Oki Prastyo 2019. Perencanaan Aerodinamik Dan Keseimbangan (bentuk lambung) kapal cepat Fuel Engine Remote Control. Laporan Tugas Akhir. Institut Teknologi Nasional Malang. Fakultas Industri. Teknik mesin Diploma Tiga. Dosen pembimbing: Aladin Eko Purkuncoro, ST. MT. Dalam pembahasan ini dilakukan analisis Aerodinamik pada pemukaan bodi kapal cepat tanpa awak, yang bertujuan untuk mengetahui aliran fluida dan nilai koefisien pressure pada kapal cepat desain dua lambung (catamaran) dan desain satu lambung (planning hull). Kapal cepat tanpa awak merupakan kapal yang dapat melaju dalam kecepatan tinggi yang dapat menghasilkan aliran fluida dan nilai koefisien pressure pada kapal. Selain itu, konfigurasi lambung kapal berpengaruh pada prestasi aerodinamik pada kapal termasuk pada aliran fluida dan koefisien pressure kapal, untuk menganalisis pada bodi kapal dilakukan komputasi parameter acuan menggunakan program ansys 14.5 Setelah proses analisis dilakukan, didapatkan hasil velocity udara maksimum desain dua lambung sebesar 25144,7 m/s sedangkan desain satu lambung sebesar 22,548,6 m/s dan pressure maksimum yang terjadi pada kapal cepat desain dua lambung sebesar 258,643 Pa dan minimum sebesar -634,529 Pa. Sedangkan pressure maksimum yang terjadi pada kapal cepat desain satu lambung sebesar 258.643 Pa dan pressure minimum diperoleh -524.643 Pa. Dari hasil pembahasaan tersebut didapatkan peningkatan kecepatan laju aliran udara atau velocity udara meningkat 1,72 % pada bodi kapal tipe dua lambung sedangkan tekanan yang diterima oleh bodi kapal tipe dua lambung menurun 1,39 %. Nilai tersebut didapat setelah dilakukan perbandingan antara bodi kapal dua lambung dan satu lambung. Kata kunci : Aerodinamik, aliran fluida, bodi kapal cepat, koefisien pressure
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Riyo Oki Prastyo (1651023) |
Uncontrolled Keywords: | Aerodinamik, aliran fluida, bodi kapal cepat, koefisien pressure |
Subjects: | Engineering > Mechanical Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin DIII > Tekniki Mesin DIII(Tugas Akhir) |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 24 Aug 2019 03:43 |
Last Modified: | 24 Aug 2019 03:43 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3857 |
Actions (login required)
View Item |