Perencanaan Aerodinamik dan Keseimbangan (Bentuk Lambung) Kapal Cepat Fuel Engine Remote Control

Oki Prastyo, Riyo (2019) Perencanaan Aerodinamik dan Keseimbangan (Bentuk Lambung) Kapal Cepat Fuel Engine Remote Control. Diploma thesis, ITN MALANG.

[img] Text
COVER DLL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (508kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (60kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (28kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (353kB)

Abstract

Riyo Oki Prastyo 2019. Perencanaan Aerodinamik Dan Keseimbangan (bentuk lambung) kapal cepat Fuel Engine Remote Control. Laporan Tugas Akhir. Institut Teknologi Nasional Malang. Fakultas Industri. Teknik mesin Diploma Tiga. Dosen pembimbing: Aladin Eko Purkuncoro, ST. MT. Dalam pembahasan ini dilakukan analisis Aerodinamik pada pemukaan bodi kapal cepat tanpa awak, yang bertujuan untuk mengetahui aliran fluida dan nilai koefisien pressure pada kapal cepat desain dua lambung (catamaran) dan desain satu lambung (planning hull). Kapal cepat tanpa awak merupakan kapal yang dapat melaju dalam kecepatan tinggi yang dapat menghasilkan aliran fluida dan nilai koefisien pressure pada kapal. Selain itu, konfigurasi lambung kapal berpengaruh pada prestasi aerodinamik pada kapal termasuk pada aliran fluida dan koefisien pressure kapal, untuk menganalisis pada bodi kapal dilakukan komputasi parameter acuan menggunakan program ansys 14.5 Setelah proses analisis dilakukan, didapatkan hasil velocity udara maksimum desain dua lambung sebesar 25144,7 m/s sedangkan desain satu lambung sebesar 22,548,6 m/s dan pressure maksimum yang terjadi pada kapal cepat desain dua lambung sebesar 258,643 Pa dan minimum sebesar -634,529 Pa. Sedangkan pressure maksimum yang terjadi pada kapal cepat desain satu lambung sebesar 258.643 Pa dan pressure minimum diperoleh -524.643 Pa. Dari hasil pembahasaan tersebut didapatkan peningkatan kecepatan laju aliran udara atau velocity udara meningkat 1,72 % pada bodi kapal tipe dua lambung sedangkan tekanan yang diterima oleh bodi kapal tipe dua lambung menurun 1,39 %. Nilai tersebut didapat setelah dilakukan perbandingan antara bodi kapal dua lambung dan satu lambung. Kata kunci : Aerodinamik, aliran fluida, bodi kapal cepat, koefisien pressure

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Riyo Oki Prastyo (1651023)
Uncontrolled Keywords: Aerodinamik, aliran fluida, bodi kapal cepat, koefisien pressure
Subjects: Engineering > Mechanical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin DIII > Tekniki Mesin DIII(Tugas Akhir)
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2019 03:43
Last Modified: 24 Aug 2019 03:43
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3857

Actions (login required)

View Item View Item