STUDI PENINGKATAN PERCEPATAN WAKTU PEMELIHARAAN SEPEDA MOTOR DI AHASS DENGAN MENGGUNAKAN METODE CPM DAN SIMULASI

Marit,, Indrawaty .Y. (2020) STUDI PENINGKATAN PERCEPATAN WAKTU PEMELIHARAAN SEPEDA MOTOR DI AHASS DENGAN MENGGUNAKAN METODE CPM DAN SIMULASI. Masters thesis, ITN MALANG.

[img] Text
1. BAGIAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (906kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (111kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
4 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (84kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text
11 JOURNAL IJSTR.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (806kB) | Request a copy

Abstract

Persaingan usaha dibidang pelayanan dapat terjadi karena banyaknya bisnis yang dijalankan, hal tersebut mendorong pemilik usaha untuk lebih meningkatkan pelayanan. Pelayanan secara unggul dan memiliki konsistensi yang baik akan membuktikan pada pelanggan bahwa jasa yang digunakan adalah jasa yang terbaik sehingga menciptakan loyalitas pelanggan. Seperti halnya antrian panjang pemeliharaan yang terdapat di Bengkel AHASS Sinar Mulia yang berakibat kepada tingkat loyalitas pelanggan terhadap pelayanan AHASS Sinar Mulia. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan usulan penjadwalan dan usulan skenario layout terbaik yang dapat menurunkan total waktu pemeliharaan serta waktu antrian pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode CPM dalam melakukan penjadwalan aktivitas pemeliharaan dan metode simulasi untuk meningkatkan sistem pelayanan sehingga mempercepat waktu pemeliharaan. dilakukan kepada 7 jenis pemeliharaan dan inspeksi akhir dari tiap jenis pemeliharaan. Adapun jenis-jenis pemeliharaan tersebut adalah paket servis ringan karburator, paket servis ringan karburator dan CVT, paket servis ringan injeksi, paket servis ringan injeksi dan CVT, penggantian oli, penggantian sparepart, serta penggantian oli dan sparepart. Pada skenario usulan layout dibuat 4 skenario usulan perbaikan yaitu penambahan 1 stasiun kerja dan spesialisasi jenis pemeliharaan untuk masing-masing stasiun kerja, penambahan 1 stasiun kerja tanpa spesialisasi jenis pemeliharaan, penambahan 2 stasiun kerja dan spesialisasi jenis pemeliharaan untuk masing-masing stasiun kerja, serta penambahan 2 stasiun kerja tanpa spesialisasi jenis pemeliharaan.Setelah melakukan penjadwalan dan skenario usulan, langkah selanjutnya adalah membandingkan sebelum dan sesudah usulan perbaikan kemudian menghitung efisiensi waktu pemeliharaan dan waktu antrian pelanggan. Paket servis ringan karburator memperoleh percepatan selama 1440 detik, dengan efisiensi 46,153 %. Paket servis ringan karburator dan CVT memperoleh percepatan selama 2220 detik, dengan efisiensi 43,076 %. Paket servis ringan injeksi memperoleh percepatan selama 1440 detik, dengan efisiensi 46,153 %. Paket servis ringan injeksi dan CVT memperoleh percepatan selama 2220 detik, dengan efisiensi 57,894 %. Penggantian oli sepeda motor memperoleh percepatan selama 120 detik dengan efisiensi 16,666 %. Penggantian sparepart sepeda motor memperoleh percepatan selama 60 detik dengan efisiensi 2,173 %. Penggantian oli dan sparepart sepeda motor memperoleh percepatan selama 150 detik, dengan efisiensi 16,666 %. Dengan mempertimbangkan biaya tenaga kerja, selisih rata-rata waktu tunggu dan kehadiran mekanik, maka usulan skenario layout terbaik adalah skenario 2 yang mampu mempercepat rata-rata waktu tunggu sebesar 4388 detik (1,2 jam) dengan efisiensi sebesar 30,689 %. Untuk mempercepat waktu pemeliharaan, mekanik perlu melakukan identifikasi terhadap aktivitas yang dilakukan secara bersamaan. Kata kunci: Arena, CPM, Pemeliharaan, Penjadwalan Aktivitas, Simulasi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Arena, CPM, Pemeliharaan, Penjadwalan Aktivitas, Simulasi
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknik Industri S2 > Teknik Industri S2(Tesis)
Depositing User: haning haning
Date Deposited: 26 Feb 2020 01:41
Last Modified: 26 Feb 2020 01:56
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/4741

Actions (login required)

View Item View Item