PENGGUNAAN LAS GESEK (FRICTION WELDING) GUNA PENYAMBUNGAN DUA BUAH LOGAM BAJA KARBON ST 42 PADA PENGUJIAN TARIK DAN STRUKTUR MIKRO UNTUK SPRING PIN PADA MOBIL

Riyanto Putra, Dicky (2022) PENGGUNAAN LAS GESEK (FRICTION WELDING) GUNA PENYAMBUNGAN DUA BUAH LOGAM BAJA KARBON ST 42 PADA PENGUJIAN TARIK DAN STRUKTUR MIKRO UNTUK SPRING PIN PADA MOBIL. Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG.

[img] Text
1811089_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (219kB)
[img] Text
1811089_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (47kB)
[img] Text
1811089_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
1811089_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text
1811089_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text
1811089_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text
1811089_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (99kB)
[img] Text
1811089_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
1811089_JURNAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (666kB)

Abstract

Las Gesek atau Friction welding adalah metode pengelasan yang mengandalkan gesekan antara duah bahan logam yang saling bertemu pada bagian ujungnya dan menghasilkan percikan api, karena gesekan itu sehingga sturktur pada bagian logam tersebut berada dititik leleh dan menghasilkan penyambungan antara dua buah logam, kelebihan dari Las Gesek ini adalah tidak perlu menggunakan logam pengisi seperti elektroda atau stik yang digunakan pada pengelasan lainnya. Pada kali ini penelitian yang akan dilakukan yaitu pengelasan gesek untuk penggunaan spring pin pada mobil. Pada penelitian kali ini yaitu menggunakan mesin las gesek prototype dengan variasi penekanan yaitu sebesar 5 Bar, 6 Bar, 7 Bar. Menggunakan putaran spindel sebear 4953 rpm, pemanasan awal 30 detik, waktu pengelasan 60 detik, dan menggunakan material baja ST 42, adanya pengujian yang akan dilakukan yaitu pengujian tarik dan struktur mikro. Analisa yang akan dilakukan untuk melihat perubahan struktur pada material hasil pengelasan gesek untuk penerapan pada spring pin mobil. Akibat perlakuan panas pengelasan gesek yaitu berubahnya sifat mekanik pada material baja ST 42. Nilai tertinggi dari hasil pengujian tarik adalah 29,87 kgf/mm². Maka pengelasan gesek dengan menggunakan material baja ST 42 ini bisa sebagai alternatif pengganti dari proses yang selama ini dan dapat digunakan sebagai bahan spring pin untuk mobil. Kata kunci: Penggunan las gesek, Baja ST 42, Pengujian tarik, Struktur mikro, Spring pin pada mobil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dicky Riyanto Putra (1811089)
Uncontrolled Keywords: Penggunan las gesek, Baja ST 42, Pengujian tarik, Struktur mikro, Spring pin pada mobil
Subjects: Engineering > Mechanical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin S1 > Teknik Mesin S1(Skripsi)
Depositing User: Users 627 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2023 01:56
Last Modified: 04 Jan 2023 01:56
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/8934

Actions (login required)

View Item View Item