ANALISA PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI BERAT ROLLER PADA SISTEM CVT TERHADAP PERFORMA SEPEDA MOTOR BEAT FI TAHUN 2013

Prawira Sari, Kadek Dimas (2022) ANALISA PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI BERAT ROLLER PADA SISTEM CVT TERHADAP PERFORMA SEPEDA MOTOR BEAT FI TAHUN 2013. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
2111922_BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2111922_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
2111922_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
2111922_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2111922_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
2111922_ BAGIAN AWAL.pdf

Download (617kB)
[img] Text
2111922_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
2111922_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dengan pesatnya perkembangan teknologi di dunia, khususnya di bidang otomotif yang sangat berperan penting dalam memudahkan kehidupan manusia yaitu seperti sarana transportasi dan lain-lainnya. Berbagai jenis atau tipe motor ditawarkan oleh produsen motor. Setiap jenis motor mempunyai kelebihan dan kenyamanan yang dirasa sesuai dengan karakter konsumen masyarakat di Indonesia. Jenis atau tipe motor yang ditawarkan antara lain motor sport, bebek, maupun matic. Salah satu tipe motor yang sering digunakan oleh masyarakat adalah tipe matic. Merupakan tipe motor yang pengoperasiannya secara otomatis dan pengemudi tidak perlu memindahkan gigi percepatan, tetapi secara otomatis berubah sesuai dengan putaran mesin. Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui prinsip kerja dan pengaruh variasi berat roller CVT (ContinuouslyVarible Transmission) terhadap sepeda motor Beat FI Tahun 2013.Proses penelitian ini menggunakan metode eksperimental. Penelitian ini melakukan pengujian variasi berat roller menggunakan ukuran 8gram, 13 gram, dan 15gram. Setelah dilakukan penggantian roller diharapkan dapat meningkatkan kinerja dari motor bakar 4 langkah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yaitu dengan menahan throttle pada 4000 rpm, setelah stabil kemudian throttle diputar secara perlahan dengan interval 1000 rpm hingga 8000 rpm.Dari hasil analisis pengukuran untuk hasil pengujian variasi roller, jika menggunakan roller yang beratnya 15 gram maka meningkatkan prestasi mesin yaitu torsi 7,5 (Nm) dan mendapatkan daya yang maksimal sebesar 4,998 (kW) pada putaran mesin 6000 rpm, bahan bakar spesifik terbilang irit hanya 0,008983(kg/kWh) dan efisiensi thermal 7,91%. Hal ini terjadi karena berat roller mempengaruhi gaya sentrifugal pada pulley primer sehingga semakin berat roller maka mesin pada putaran tinggi ,akan semakin kuat menjepit sabuk V belt. sehingga pada putaran tinggi untuk mentransfer torsi dan daya ke roda belakang lebih besar. Kata kunci: Performa, Transmisi, CVT, Variasi Roller

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kadek dimas prawira sari (2111922)
Uncontrolled Keywords: Performa, Transmisi, CVT, Variasi Roller
Subjects: Engineering > Mechanical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin S1 > Teknik Mesin S1(Skripsi)
Depositing User: Users 1030 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:31
Last Modified: 25 Jan 2023 02:32
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10420

Actions (login required)

View Item View Item