Analisis Desain kekuatan Rangka Motor Trail Untuk Meminimalisir Kerusakan Akibat Beban Kejut

Agus Santoso, Muhammad Reza (2023) Analisis Desain kekuatan Rangka Motor Trail Untuk Meminimalisir Kerusakan Akibat Beban Kejut. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
Bagian awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I .pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (202kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran .pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Tegangan dari kekuatan rangka motor trail dengan menggunakan metode elemen hingga. Dimulai dengan membuat desain rangka motor trail menggunakan bantuan opensource CAD Software yaitu Autodesk Inventor Professional 2023 dengan material pipa Besi Sch 40 dan Aluminium 6061. Kemudian dilakukan simulasi menggunakan Software Ansys Workbench. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui distribusi tegangan, deformasi dan nilai faktor keamanan pada rangka motor trail saat terjadi tegangan beban kejut. Data yang akan diamati pada simulasi ini adalah analisis Equivalent Stress, analisis Total Deformation, analisis Safety Factor. Material dengan pipa besi Sch 40 mendapatkan distribusi tegangan yang cukup tinggi yaitu sebesar 74.015 Mpa dibandingkan dengan material aluminium 6061 yang mendapatkan distribusi tegangan lebih rendah yaitu sebesar 65.386 Mpa. Deformasi maksimal terjadi pada bagian subframe seat rail body belakang dengan menggunakan material pipa besi Sch 40 dengan nilai maksimal 0.32347 mm. Sedangkan pada aluminium 6061 mendapatkan nilai maksimal 0.85335 mm. Dan Safety factor pada material pipa besi Sch 40 mendapatkan nilai minimal 3.2178. Sedangkan pada aluminium 6061 mendapatkan nilai minimal 3.8437 yang sama-sama terjadi pada bagian down tube. Dengan nilai faktor keamanan > 2,5 sehingga pada 2 material tersebut berada pada batas aman untuk digunakan. Setelah dilakukan analisis dapat disimpulkan bahwa rangka dengan material pipa besi Sch 40 dapat direkomendasikan pada rangka motor trail.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Reza Agus Santoso (1911106)
Uncontrolled Keywords: Rangka Motor Trail, Ansys wokbench, Distribusi Tegangan
Subjects: Engineering > Mechanical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin S1 > Teknik Mesin S1(Skripsi)
Depositing User: reza agus santoso muhammad
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:46
Last Modified: 11 Sep 2023 01:46
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12843

Actions (login required)

View Item View Item