PERENCANAAN PEMBANGKIT LISTRIK HYBRID PLTS DAN PLTM YANG DIHUBUNGKAN DENGAN JARINGAN KELISTRIKAN PLN DENGAN KAPASITAS 7KW TERMASUK ASPEK KEEKONOMIAN

Krisna Widya Kusuma, Krisna (2023) PERENCANAAN PEMBANGKIT LISTRIK HYBRID PLTS DAN PLTM YANG DIHUBUNGKAN DENGAN JARINGAN KELISTRIKAN PLN DENGAN KAPASITAS 7KW TERMASUK ASPEK KEEKONOMIAN. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
Bagian Awal_191065.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (957kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (638kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (660kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (336kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)

Abstract

Perencanaan pembangkit listrik hybrid PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) dan PLTM (Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro) yang terhubung dengan jaringan kelistrikan PLN (Perusahaan Listrik Negara) dengan kapasitas 7 kW di desa Sumberejo Kota Batu memiliki tujuan untuk menghasilkan listrik yang bersih,hemat energi, dan juga mempertimbangkan aspek ekonomi yang terkait.Sistem hybrid yang dirancang terdiri dari panel surya dan turbin mikrohidro dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan listrik.Kompatibilitas antara kedua sistem ini dijamin agar dapat bekerja secara bersamaan dan saling melengkapi dalam menghasilkan listrik. Pada sistem hybrid ini digunakan dalam waktu 12 jam. Yang dimana total energi daya yang dihasilkan untuk PLTS dan PLTM yaitu 7000 Watt(P). Dengan merencanakan pembangkit listrik hybrid PLTS dan PLTM yang terhubung dengan jaringan kelistrikan PLN, dapat tercapai pemanfaatan sumber energi terbarukan yang berkelanjutan dan mengurangi ketergantungan pada energi fosil. Hasil analisa ekonominya yang dimana daya yang dihasilkan pada sistem PLTS 4 kW dan PLTM 3 kW dengan total pembangkit 7 kW didapatkan total biaya yang dibutuhkan sebesar Rp. 96.603.000. dengan Hasil dari NPV selama 10 tahun sebesar Rp. 20.781.465 dengan suku bunga 8% selama 1 tahun. Hasil dari IRR yaitu 12%, BEP yaitu 8 tahun 10 bulan, Gross B/C yaitu 1,20 dan Pay Back Periode (PBP) selama 8 tahun 5 bulan. Jadi untuk investasi pembangunan PLTS dan PLTM pada desa Sumberejo Kota Batu ini layak untuk dikerjakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hybrid System PLTS & PLTM, Analisa Ekonomi LCC, LCoE, NPV, IRR, PBP, Gross B/C
Subjects: Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro S1 > Teknik Elektro S1(Skripsi)
Depositing User: KRISNA WIDYA KUSUMA
Date Deposited: 13 Oct 2023 03:06
Last Modified: 13 Oct 2023 03:06
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/13361

Actions (login required)

View Item View Item