Dewa Alsveta, Aloysius Ellio (2024) Rancang Dan Implementasi Metode Finite State Machine (FSM) Pada Game Battle Battle For Floryn Berbasis Mobile. Skripsi thesis, ITN MALANG.
Abstract
Game Battle for Floryn ialah suatu permainan peran (RPG) yang bertujuan untuk menghancurkan semua lawan yang terdapat di dalam gua. Proses pengembangan permainan ini memanfaatkan Unity 2D dan mengimplementasikan metodologi FSM (Finite State Machine) guna mengatur perilaku NPC (Non Player Character) lawan. Pendekatan ini memanfaatkan prinsip state (keadaan), event (kejadian), dan action (aksi) untuk menentukan keputusan. Uji coba kecerdasan buatan dilakukan menggunakan metode blackbox untuk memeriksa fungsi aplikasi dan memverifikasi keseimbangan input dan output. Hasil dari uji coba menunjukkan bahwa penerapan FSM pada NPC lawan menghasilkan perilaku yang cerdas. Dari 10 peserta yang diikutsertakan, 64,28% (45 orang) menyatakan sangat setuju, 25,71% (18 orang) setuju, dan 15,71% (11 orang) tidak setuju dengan hasil tersebut.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | Aloysius Ellio Dewa Alsveta (2018052) |
| Subjects: | Engineering > Informatics Engineering |
| Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi) |
| Depositing User: | aloysius ellio dewa alsveta |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 03:17 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 03:17 |
| URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14416 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
