SISTEM REKOMENDASI PRODUK BERDASARKAN KESAMAAN PREFERENSI ANTAR PEMBELI DENGAN MENGGUNAKAN COLLABORATIVE FILTERING BERBASIS WEB

Frediansa, Derry (2025) SISTEM REKOMENDASI PRODUK BERDASARKAN KESAMAAN PREFERENSI ANTAR PEMBELI DENGAN MENGGUNAKAN COLLABORATIVE FILTERING BERBASIS WEB. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
Bagian Awal_2118090.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (226kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (862kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (184kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Di era digital saat ini, pemanfaatan teknologi informasi dalam sektor perdagangan menjadi semakin krusial, khususnya dalam membantu pihak internal toko dalam menyusun strategi penawaran produk yang sesuai dengan preferensi pelanggan. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah sistem rekomendasi, yang bertujuan untuk menyajikan produk yang relevan berdasarkan pola interaksi pelanggan sebelumnya. Penelitian ini dilakukan untuk merancang dan mengembangkan sistem rekomendasi produk berbasis web pada Toko Surya Elektrik dengan menggunakan metode Collaborative Filtering. Metode ini dipilih karena mampu memberikan rekomendasi berdasarkan kesamaan preferensi antar pengguna. Pendekatan yang digunakan adalah user-based collaborative filtering dengan penghitungan kesamaan menggunakan cosine similarity, yang menganalisis pola rating antar pembeli untuk menentukan kedekatan preferensi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem dapat memberikan rekomendasi dengan tingkat akurasi mencapai 87%, dan seluruh fitur berfungsi dengan baik berdasarkan pengujian fungsionalitas sebesar 100%. Selain itu, berdasarkan hasil kuesioner kepuasan pengguna yang ditujukan kepada admin sebagai pengguna utama sistem, sebanyak 92% menyatakan puas terhadap kemudahan penggunaan, kecepatan sistem, dan keakuratan hasil rekomendasi. Dengan demikian, sistem ini dapat menjadi alat bantu yang efektif bagi admin toko dalam mengambil keputusan penawaran produk, serta mendukung optimalisasi layanan dalam lingkungan e-commerce lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Derry Frediansa (2118090)
Uncontrolled Keywords: Collaborative Filtering, Preferensi Pengguna, Sistem Rekomendasi
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: DERRY FREDIANSA
Date Deposited: 19 Aug 2025 06:06
Last Modified: 19 Aug 2025 06:06
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14768

Actions (login required)

View Item View Item